Sukses

Besi Tusuk Pria India dari Selangkangan Tembus Leher, Ajaibnya Dia Masih Hidup

Nasib baik masih dialami pekerja bangunan yang tertusuk besi dari selangkangan sampai leher ini. Dokter berhasil menyelamatkan nyawanya.

 

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria di India mengalami kejadian yang cukup bikin ngilu. Dia tertusuk batang besi dari selangkangan menuju selangka (area dekat dengan leher). Beruntung, dokter berhasil menyelamatkan nyawanya.

Salim Sheikh, seorang pekerja bangunan berumur 33 tahun, sedang bekerja di lantai satu bangunan baru. Dia terpeleset dan jatuh di tumpukan batang besi.

Salah satu dari batang tersebut tertusuk di selangkangannya hingga menembus tulang selangka.

Batang tersebut menembus usus kecil, usus besar, hati, diafragma, dan paru-parunya. Yang ajaib, ahli bedah berhasil mencabut batang yang tertusuk tersebut dalam operasi yang berlangsung selama lima jam.

Dua hari mendapatkan perawatan intensif, dia sudah kembali ke kamar pasien biasa untuk menunggu kesembuhan total.

 

Simak juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nyaris Mengenai Organ Penting

Menurut Dr. S.R. Bhagwat, Sheikh berhasil selamat dalam kecelakaan tersebut. Organ-organ vitalnya nyaris saja terkena tusukan benda itu.

"Kami mendapat akses ke perut. Tapi, untuk memastikan pengambilan batang agar aman, serta untuk menghindari cedera di organ vital saat proses tersebut, prosedurnya diubah menjadi laparotomi (membuat irisan vertikal besar pada dinding perut ke dalam rongga perut) yang terbuka," kata dokter yang juga berperan dalam operasi tersebut.

Menurut Bhagwat, mereka berhasil mengendalikan pendarahan dari hati setelah memperbaiki kerusakan pada organ vital di perut.

"Pasien beruntung terhindar dari luka di organ penting di perut seperti kandung kemih dan ginjal," tambahnya.

 

3 dari 3 halaman

Dibawa ke Mumbai

Sheikh tertusuk sebuah batang besi saat terjatuh dari ketinggian 9 kaki, di Nashik, India pada 8 Maret 2018.

Rekan-rekannya mendengar dia menjerit. Mereka segera memotong batang tersebut di bagian dasarnya. Mereka membawanya ke pusat kesehatan Niphad.

Sheikh dirujuk ke rumah sakit untuk distabilkan kondisinya. Dia lalu dibawa ke Mumbai untuk menempuh perawatan lebih lanjut.

Saat ini, Sheikh mengatakan bahwa dia sudah puas dengan kondisinya saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.