Sukses

Trik Hadapi Emosi Tinggi Akibat Teguran Bos

Saat ditegur bos, ada cara agar Anda tidak merasa baper.

 

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sering ditegur bos terkait hasil pekerjaan yang dilakukan. Bisa jadi, teguran itu terasa kurang menyenangkan di hati. Apalagi bila bernada emosi tinggi.

Rasa baper (bawa perasaan) muncul seketika. Emosi bakal menular, Anda tertular ikut marah.

Ditemui di Kafe Dia.Lo.Gue, Kemang, Jakarta, psikolog Tara Adhisti de Thouars mengungkapkan trik mengusir baper saat ditegur bos. "Kalau saat ditegur bos ya paling enak breathing (mengambil napas). Coba pelan-pelan breathing. Emosi kita bakal reda. Saat emosi kan tekanan darah naik. Pas kita breathing, tekanan darah ikut turun," ucap Tara, ditulis Rabu (14/3/2018).

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Langsung Lampiaskan Amarah

Tara menambahkan, saat emosi negatif muncul, hindari melampiaskannya dengan memukul meja atau mengeluarkan umpatan kasar.

"Breathing saja dulu. Tarik napas 5-10 kali. Embuskan napas perlahan-lahan," tambahnya.

Tak hanya saat ditegur bos, saat menerima surat elektronik (surel) yang berisi kalimat tidak menyenangkan pun hindari membalas surel saat itu juga.

"Jangan langsung balas. Tunda dulu. Breathing sebentar. Setelah emosi positif kita kembali, baru balas," lanjut Tara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.