Sukses

Karang Gigi pada Ibu Hamil, Seberapa Bahaya untuk Janin?

Perhatikan kesehatan gigi pada ibu hamil karena bisa sangat berpengaruh dengan janin, salah satunya karang gigi. Ini bahayanya!

Liputan6.com, Jakarta Karang gigi bisa sangat mengganggu apalagi untuk ibu hamil. Keberadaan karang gigi tidak boleh dibiarkan, karena ternyata bisa sangat berbahaya. Jika ibu hamil memiliki karang gigi, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Bahaya Karang Gigi pada Ibu Hamil

Umumnya, karang gigi yang terjadi pada ibu hamil karena radang gusi yang disebabkan imunitas yang menurun. Radang gusi ini bisa berbahaya dan menimbulkan pendarahan pada gusi terus-menerus, sehingga ibu hamil sangat berisiko mengalami anemia. Selain itu, ibu hamil juga akan berisiko memiliki bayi prematur hingga keguguran akibat radang gusi yang infeksi akibat dari karang pada gigi.

Keguguran bisa terjadi pada ibu hamil di trimester pertama, sedangkan di atas trimester pertama bisa kelahiran prematur. Karang gigi adalah bentuk dari kondisi gigi yang kurang sehat. Bakteri yang ada di gigi dan mulut bisa sangat berpengaruh pada kesehatan janin. Kuman tersebut mampu merusak gigi dan masuk ke pembuluh darah sehingga kuman akan mampu merusak pembentukan gigi dan gusi janin.

Perawatan Gigi Ibu Hamil

Untuk menjaga kesehatan gigi pada ibu hamil, ini hal yang boleh dilakukan di setiap trimesternya:

• Trimester 1: Perawatan gigi yang boleh dilakukan adalah oral hygiene, pembersihan karang gigi dan tindakan darurat.

• Trimester 2: Pembersihan karang gigi dan kuretase saku gusi, perawatan saluran akar gigi, penambalan gigi dan pencabutan gigi. Perawatan gigi ini tentu harus diikuti konsultasi pada dokter kandungan dan gigi Anda sehingga tetap aman untuk janin.

• Trimester 3: Saat kehamilan memasuki trimester 3, sebaiknya tidak melakukan perawatan gigi hingga 3 minggu sebelum melahirkan kecuali darurat.

Bagi ibu hamil ada perawatan gigi yang bisa dilakukan, seperti:

• Kontrol plak gigi dengan menyikat gigi rutin 2 kali sehari, menggunakan benang gigi minimal 1x sehari, menggunakan obat kumur yang direkomendasikan dokter hingga pembersihan karang gigi oleh dokter gigi.

• Melakukan kunjungan ke dokter gigi untuk mendapatkan saran dan perawatan khusus untuk ibu hamil.

• Melaukan rontgen gigi untuk melihat lebih jauh kondisi kesehatan mulut dan gigi

• Harus selektif memilih obat-obatan.

Untuk itu, cek kesehatan gigi dan bersihkan karang gigi di klinik gigi terpercaya. Anda bisa dapatkan banyak pilihan klinik gigi terpercaya di Lakupon dengan berbagai pilihan jenis perawatan mulai dari scalling atau pembersihan karang gigi hingga penambalan gigi. Cek promo perawatan gigi di Lakupon dengan klik DISINI.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.