Sukses

Tak Perlu Panik, Rock Melon Australia Tak Masuk Indonesia

Terkait berita rock melon yang terkontaminasi listeria, masyarakat Indonesia diimbau untuk tidak takut mengonsumsi rock melon.

Liputan6.com, Jakarta Adanya kontaminasi bakteri listeria di rock melon dari Australia menimbulkan kekhawatiran sebagian masyarakat Indonesia. Namun, masyarakat tidak perlu takut tertular penyakit tersebut. Pasalnya, Kementerian Pertanian Republik Indonesia telah mencegah masuknya rock melon dari Australia.

Melalui laman resmi Kementerian Pertanian, Menteri Pertanian memberikan perhatian pada kasus ini.

"Menteri Pertanian memberi atensi khusus terhadap kasus ini, dan sangat peduli untuk mencegah kejadian ini di Indonesia. Maka beliau merespon dengan keputusan Menteri Pertanian," kata Banun Harpini, Kepala Badan Karantina Pertanian, dikutip dari laman resmi Kementan, Senin (12/3/2018).

Kementan telah mencegah masuknya rock melon Australia ke Indonesia.

Walau begitu, Banun menyatakan buah rock melon asal Australia selama ini belum pernah masuk ke Indonesia. Buah yang selama ini beredar, murni dari petani lokal Indonesia dan aman dikonsumsi.

Kementan mengaku akan terus waspada dan melakukan pengawasan terhadap masuknya buah impor. Sehingga, masyarakat diimbau untuk tidak panik dengan berita ini.

 

Simak juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bakteri Listeria Buat Panik

Sebelumnya, masyarakat dibuat panik dengan berita rock melon Australia yang terkontaminasi bakteri listeria.

Di Australia sendiri, empat orang meninggal setelah makan melon yang terkontaminasi listeria.

Hal ini diungkapkan pihak berwenang Australia pada Rabu (7/3/2018) waktu setempat. Tidak hanya itu, wabah ini sebelumnya sudah menginfeksi 17 orang.

Vicky Sheppeard, Direktur bagian Penyakit Menular di New South Wales Health mengatakan, semua rock melon yang terkontaminasi telah ditarik dari pasaran.

Dikutip dari Channel News Asia, Listeria adalah bakteri yang sering ditemukan dalam makanan. Orang yang mengonsumsi makanan terkontaminasi tak akan mengalami penyakit serius.

Ini akan menjadi ancaman bagi orang tua, wanita hamil, atau mereka yang memiliki kondisi tertentu seperti diabetes dan kanker.

Gejala listeriosis dimulai dengan gejala mirip flu seperti menggigil, demam, dan nyeri otot. Masa inkubasinya pun mencapai 70 hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.