Sukses

Tompi: Filler Tidak Berbahaya untuk Organ Wajah, tapi...

Filler aman untuk tubuh manusia. Namun, tetap saja menjadi berbahaya bila digunakan dengan kondisi-kondisi tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Filler sesungguhnya aman dan tidak membahayakan dalam bedah plastik. Namun, beberapa orang masih melakukan prosedur yang membuatnya terlihat tidak aman.

Hal tersebut diungkapkan oleh dr. Teuku Adifitrian, Sp.Bp, alias Tompi, ketika ditemui Health Liputan6.com beberapa waktu lalu di salah satu hotel di wilayah Jakarta, ditulis Senin (12/3/2018).

"Filler itu aman. Masyarakat tidak perlu takut. Hyaluronic Acid itu aman bagi tubuh manusia, tapi dalam jumlah tertentu," kata pelantun lagu "Menghujam Jantungku" itu.

Menurut Tompi, yang menjadi masalah adalah jika penggunaannya tidak tepat, indikasi yang tidak tepat, dan dalam jumlah yang besar.

Yang pasti, filler tidak bisa untuk meninggikan hidung. "Kalau buat meratakan hidung yang ada patahan sedikit, itu masih oke. Tapi kalau untuk meninggikan, itu enggak (bisa)," kata Tompi.

Tompi mengibaratkan, penggunaan filler seperti menggunakan semen dalam pembangunan rumah.

"Kalau mau meninggikan rumah 10 lantai, ya rangkanya yang 10 lantai. Jangan semennya," ujar pria yang tergabung dalam Trio Lestari itu.

Tompi menambahkan, filler tidak akan berbahaya untuk organ-organ di wajah jika tidak menimbulkan kerusakan jaringan.

"Cuma secara bentuk sudah enggak benar. Melihatnya sudah tidak ada konturnya. Jadi kelihatan kalau muka orang suntikan," kata Tompi.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cakep Butuh Matang Secara Mental

Sementara, dalam kesempatan yang sama, dr. Donna Savitry, SpBP mengatakan, untuk melakukan bedah plastik, sebaiknya usia harus benar-benar matang.

"Biasa kita menunggu hingga umur dewasa. Secara legal 21-lah. Mereka harus matang, tidak hanya ingin ikut-ikutan saja," kata Donna.

"Jadi kematangan (ada) dua, kematangan anatomi dan kematangan psikologi. Jangan sudah `dipotong` lalu, kok begini? Karena tidak siap mentalnya," kata Tompi.

"Untuk cakep saja perlu mental lo," tambah dokter yang juga penyanyi jazz itu sambil tertawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.