Sukses

Penderita Autoimun Harus Bisa Masak dan Mengolah Makanan Sendiri

Mereka yang menderita autoimun harus bisa mengolah bahan makanannya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Penderita autoimun tidak boleh makan di sembarang tempat. Mereka harus membuat dan mengolah makanan sendiri.

Susan Hartono, Co-Founder Self Awareness Network (SAN) mengatakan penderita autoimun sulit untuk mengonsumsi makanan yang dibeli di luar. Namun, hal ini bukan tidak bisa.

"Akan sangat sulit bagi mereka yang autoimun untuk makan di luar," kata Susan pada Health Liputan6.com dalam peluncuran buku Autoimmune and Me di Jakarta, Sabtu (10/3/2018).

"Jadi bagi mereka yang autoimun itu komitmen berat, tidak gampang. Reversing itu berat. Saya tidak pernah lihat klien, selama makan di luar, itu benar benar sehat," ujar wanita yang memulai kariernya di bidang kesehatan pada 2009 ini.

Untuk itulah, mereka yang menderita autoimun harus belajar memasak makanan sendiri.

"Harus cari tahu sendiri, cooking class, bangun pagi pagi sekali untuk masak, itu semua soal prioritas," beri tahu Susan.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Meluangkan waktu

Apabila Anda menderita atau mengenal penderita autoimun, Susan menyarankan harus memberikan waktu untuk mereka.

Semua makanan yang dibeli dan dikonsumsi di luar, memiliki kandungan-kandungan berbahaya untuk dikonsumsi. Tidak hanya untuk penderita autoimun, namun juga orang yang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.