Sukses

Hari Musik Nasional, Begini Cara Orang Tuli Mendengarkan Musik

Bagaimana cara orang tuli bisa mendengarkan musik? Gadis Ini membagikan rahasia bagaimana orang tuli mampu mendengarkan musik.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya orang yang secara fisik sempurna saja yang bisa mendengarkan musik. Orang tuli juga bisa menikmati musik.

Ini diakui oleh Annisa Rahmanisa dari Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia di Hari Musik Nasional. Menurutnya, orang tuli bisa mendengarkan musik melalui dentuman di lantai.

"Tuli bisa mendengar musik melalui dentuman bunyi musik yang terasa dari lantai," kata perempuan yang akrab dipanggil Nia ini ketika dihubungi via pesan singkat oleh Health Liputan6.com pada Jumat (9/3/2018).

Akan tetapi, apabila tidak ada visual, orang tuli tetap harus didampingi oleh juru bahasa isyarat agar tetap mengerti dan beriringan dengan musiknya.

Tidak hanya mendengarkan saja, Nia mengatakan bahwa ada orang tuli yang bisa menghayati lagu dan menerjemahkannya ke dalam bahasa isyarat.

"Bahkan bisa berduet dengan penyanyi selama proses latihan," tulis Nia.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kolaborasi Penyanyi dan Orang Tuli

Nia mencontohkan beberapa penyanyi yang sudah berkolaborasi antara penyanyi dan orang tuli seperti Trisouls di video musiknya yang berjudul "Isyarat", dan Citra Scholastika bersama Surya Sahetapy, di klip musiknya yang berjudul "Hati".

Tidak hanya berkolaborasi, menurut Nia, orang tuli di luar negeri bahkan sudah ada yang mampu menciptakan lagu. Salah satunya adalah rapper dan DJ Signmark dari Finlandia.

Menurut Nia, hal ini bisa dilakukan apabila ada rasa percaya diri, hobi, dan latihan, agar bisa menjadi minat yang mampu menghasilkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.