Sukses

6 Cemilan Sehat untuk Sarapan yang Bikin Tubuh Kuat Seharian

Sarapan yang sehat sangat penting untuk metabolisme yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Sarapan yang sehat sangat penting untuk metabolisme yang tepat. Mungkin bukan yang terbaik untuk memulai hari Anda dengan makanan padat. Sebab tubuh dan organ dalam lainnya butuh waktu untuk memproses pencernaan setelah berjam-jam tidur.

Ahli diet menyarankan konsumsi enam camilan sehat ini bisa membuat Anda lebih kuat dan semangat sepanjang hari, seperti dilansir Redspoon, Kami (8/3/2018):

1. Madu dengan air hangat

Madu, dengan perasan lemon dan air hangat sangat rendah kalori dan dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan Anda dan melepaskan racun. Saat Anda minum madu dengan air hangat di waktu sarapan, hal ini akan meningkatkan metabolisme dan energi.

2. Almond

Semua tahu, kacang almond kaya akan beberapa nutrisi seperti vitamin, serat, mangan, asam lemak omega-3 dan juga protein. Terlepas dari kandungan nutrisinya, almond juga membantu dalam menjaga kondisi kesehatan seseorang dalam jangka waktu yang lama.

Tapi tahukah Anda, nilai gizi almond dapat meningkat bila direndam dalam air. Kulit almond yang kecokelatan mengandung unsur yang disebut tannin yang dapat membantu penyerapan nutrisi. Anda harus makan 5-10 kacang almond setiap hari saat sarapan untuk meningkatkan energi.

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pepaya dan biji chia

3. Pepaya

Papaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Mengonsumsi papaya pada perut kosong di pagi hari akan membersihkan perut dan melancarkan sistem pencernaan. Hindari makan apapun setidaknya selama satu jam setelah mengonsumsi pepaya.

4. Biji Chia

Biji Chia Bmengandung semua sembilan asam amino yang membuatnya menjadi protein lengkap. Selain itu, biji chia juga dipenuhi dengan asam lemak, vitamin B, zat besi dan magnesium. Rendam satu sendok teh biji mungil ini ke dalam air semalam dan makan dalam perut kosong di pagi hari.

3 dari 3 halaman

Semangka dan kurma

5. Semangka

Waktu terbaik untuk makan buah yang menakjubkan ini adalah pagi hari saat perut kosong. Buahnya penuh elektrolit dan rendah kalori. Semangka bukan hanya menghidrasi tubuh tapi juga bergizi.

6. Kurma

Kurma kaya akan serat larut dan potassium yang membantu memperbaiki pencernaan dan menghilangkan sembelit. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda harus makan 2-3 kurma setiap hari di pagi hari.

Perubahan kecil dalam diet Anda bisa sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Dan sarapan beberapa makanan di atas akan membuat Anda merasa berenergi dan aktif sepanjang hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.