Sukses

Tips Ketahui Anjing Mana Saja yang Sudah Divaksin Rabies

Wahid Fakhri Husein dari NTA Zoonosis and EIDS Control FAO memberi contoh pemberian vaksin rabies di Bali.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai daerah di Indonesia belum bebas rabies sehingga penanganannya terus dilakukan. Pemberian vaksin pada anjing menjadi cara efektif mencegah rabies.

Dalam pemberian vaksin, Organisasi Pangan Dunia (FAO) ikut turun tangan. Wahid Fakhri Husein dari NTA Zoonosis and EIDS Control FAO memberi contoh pemberian vaksin rabies di Bali.

"Di Bali, anjing peliharaan harus divaksin rabies," kata Fakhri dalam acara "Workshop Protecting Lives and Livelihoods" di Hotel Salak Herritage, Bogor, Jawa Barat, ditulis Rabu (6/3/2018).

Untuk mengetahui, anjing sudah divaksin atau belum bisa ditanyakan langsung ke pemiliknya. Jika belum, maka anjing harus divaksin rabies. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek sampel anjing

Ada cara lain mengetahui, apakah anjing sudah divaksin atau belum, yakni cek sampel.

"Kita bisa ambil sampel darah anjing. Nanti ketahuan, anjing itu sudah divaksin atau belum," lanjut Fakhri.

Vaksin rabies tak hanya diberikan kepada anjing peliharaan alam sebuah video yang ditayangkan Fakhri soal penanganan rabies di Bali.

Tampak anjing-anjing liar diamankan dan langsung disuntik vaksin. Hal ini juga mencegah agar anjing liar bebas dari rabies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.