Sukses

Menuju Jakarta Ramah Anak, 799 RPTRA Siap Dibangun

Ingin wujudkan Jakarta sebagai daerah ramah anak, Pemkot Jakarta Timur berinisiatif menyediakan 799 lokasi guna pembangunan RPTRA.

Liputan6.com, Jakarta Ruang Terbuka Terpadu Ramah Anak (RPTRA) menjadi salah satu sarana dan prasarana penunjang guna mewujudkan Jakarta sebagai daerah ramah anak. Demikian disampaikan oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Jakarta Timur, Ari Sanjaya saat berkunjung ke RPTRA Jaka Teratai, Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Guna menindaklanjuti hal tersebut, Ari menyampaikan, Pemkot Jakarta Timur akan menyediakan 799 lokasi yang dapat dibangun RPTRA di tingkat RW. Lokasi ini akan disediakan bagi para perusahaan swasta yang ingin melakukan CSR dengan berpartisipasi membangun RPTRA di Jakarta Timur.

"Pembangunan RPTRA akan sangat berkontribusi terhadap pengembangan bakat anak. Oleh sebab itu, kami minta dukungan dari perusahaan swasta juga dalam hal ini," ujar Ari saat konferensi pers usai kunjungan tersebut, Senin (5/3/2018).

Ari pun menghimbau pada perusahaan swasta untuk tidak hanya berpartisipasi dalam membangun RPTRA saja, melainkan juga turut menyediakan lahan terbuka hijau guna mewujudkan pembangunan tersebut. Hal ini karena salah satu kendala dalam pembangunan RPTRA adalah keterbatasan lahan terbuka hijau.

"Selain itu, lokasi pemukiman pun turut menjadi kendala. Oleh sebab itu, perlu ada perijinan khusus yang akan kami urus terkait pembebasan lahan itu," kata Ari, menegaskan.

Kunjungan Ari Sanjaya ke RPTRA Jaka Teratai mewakili Walikota Jakarta Timur, yang tidak bisa hadir dalam acara tersebut. Adapun kunjungan tersebut dalam rangka mendampingi Chairman of FSC (Financial Service Commission) di Korea Selatan Mr. Choi Jong Ku, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Mr. Rhee Myeong Suk, Kepala Tim Bisnis Global Hanwha Life Korea Oh Ji Young, dan CEO Wahana Visi Indonesia Doseba Tua Sinay.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengunjung RPTRA Sampai 3.000 Orang

Tak hanya itu, Ari mengungkapkan pengadaan RPTRA di Jakarta Timur pun mendapatkan tanggapan positif dari warganya. Dia mengungkapkan, dalam sebulan, pengunjung RPTRA bisa mencapai angka 3.000 orang.

"Oleh sebab itu, kamu berharap agar RPTRA dapat menunjang pengembangan bakat anak," ujar Ari.

Ari juga menghimbau kepada masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam mengelola bersama RPTRA yang sudah ada. Hal ini disampaikannya mengingat pemeliharaan RPTRA pun masih banyak mengalami kendala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.