Sukses

Ketombe Menyerang Bukan Tanpa Sebab, Berikut Cara Ampuh Mengusirnya

Mari kita pahami dan ketahui cara mengobati gangguan ketombe membandel yang menyerang kulit kepala.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kesibukan dan tuntutan kerja begitu tinggi membuat orang tidak menyadari bahwa sesuatu yang berbahaya sedang mengincar mereka. Salah satunya adalah serangan ketombe yang membandel.

Jika kulit kepala sering terasa gatal dan disertai jatuhnya serpihan-serpihan kulit kering di bahu, berarti sudah pasti bahwa mereka yang mengalaminya sedang diganggu permasalahan ketombe.

Ketombe adalah kondisi dimana kulit kepala kering dan mengelupas kecil-kecil, disertai dengan sensasi gatal yang cukup untuk menggoda jemari tangan menghampiri kulit kepala dan menggaruknya. Meskipun bukan termasuk sebagai penyakit serius dan menular, tapi keberadaan ketombe sudah pasti sangat tidak diinginkan oleh manusia.

Siapa yang mau terlihat garuk-garuk kepala dengan baju di bagian bahu yang kotor? Selain itu, ketombe juga termasuk salah satu penyakit yang susah untuk dihilangkan. Sering kali pergi, hanya untuk kembali di lain hari.

Ketombe itu sebenarnya lebih tepat bila dihubungkan dengan kondisi kulit kepala. Semakin cepat sel-sel kulit mati, semakin banyak pula ketombe yang rontok di bahu. Untuk itu diperlukan kendali yang ketat untuk mengontrol pertumbuhannya.

Beberapa hal yang bisa membuat seseorang jadi lebih rentan terserang ketombe, seperti dikutip dari Sooperboy, Selasa (6/3/2018).

1. Jenis Kelamin

Ternyata pria lebih rentan terserang ketombe daripada wanita. Ini karena hormon kaum adam berpotensi memicu kelenjar-kelenjar minyak di kulit kepala untuk berproduksi melebihi kebutuhan. Kulit kepala terlalu lembap bisa memperluas daerah jajahan ketombe.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Stres

Pekerjaan menumpuk, ketombe pun juga menumpuk. Biasanya, untuk yang telah memiliki masalah ketombe, problem ini akan semakin rumit ketika pikiran penuh dengan tekanan.

Ditambah lagi kebiasaan untuk menggaruk kepala ketika tidak menemukan solusi dalam pekerjaan akan semakin memperparahnya.

3. Faktor U

Seorang bayi pun juga bisa terserang ketombe. Namun diperkirakan bahwa usia paling rentan bagi manusia untuk memiliki masalah ketombe adalah ketika sedang dalam usia dewasa.

4. Parkinson

Parkinson dan penyakit yang menyerang saraf tubuh ternyata juga memiliki kemungkinan untuk memperparah ketombe.

5. Gizi Buruk

Masalah ketombe biasanya muncul bagi mereka yang tak memiliki cukup asupan vitamin B, seng, serta beberapa jenis lemak tertentu.

3 dari 3 halaman

Solusi mengusir ketombe

Untuk mengatasi berbagai masalah yang bisa mengakibatkan ketombe, diperlukan disiplin dan melakukan hal-hal seperti di bawah ini:

1. Menjaga Kelembapan Kulit Kepala

Kulit kepala yang terlalu lembap karena minyak bisa menimbulkan ketombe. Untuk itu diperlukan perawatan-perawatan yang bisa dilakukan secara alami atau kimiawi untuk mengontrol kelembapannya. Misalnya dengan masker rambut yang terbuat dari perasan air lemon atau memakai lidah buaya.

2. Keramas

Cucilah rambut dengan menggunakan sampo. Khususnya sampo anti ketombe. Lakukan secara teratur, sekitar tiga hingga empat kali seminggu untuk mengendalikan pertumbuhan ketombe.

3. Hindari Alergi Produk Penataan Rambut

Jangan paksakan rambut dan kulit kepala untuk menerima produk perawatan rambut yang tidak nyaman saat digunakan. Misalnya, pewarna rambut dengan zat-zat tertentu, yang akan membuat kulit kepala berubah warna menjadi kemerahan, gatal, dan berkerak. Bila sudah begini, ketombe pun tinggal menunggu waktu saja.

4. Asupan Gizi yang Tepat

Seperti yang disebutkan di atas bahwa gizi buruk bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya ketombe di kulit kepala. Pastikan bahwa tubuh menerima vitamin B, seng dan protein-protein yang bisa menjaga kesehatan kulit kepala dengan baik.

5. Air Putih

Langkah terakhir yang sederhana namun cukup efektif dalam merawat rambut dan kulit kepala agar terbebas dari ketombe adalah banyak minum air putih. Air putih diperlukan tubuh untuk menjaga kelembapan di area-area badan yang memerlukan tambahan cairan. Ketika kulit kepala kering, asupan air yang disimpan tubuh akan membantu menjaga kondisi kulit kepala.

Dengan memahami ketombe, kekhawatiran agar serpihan-serpihan kulit kepala jadi semakin parah tidak perlu sampai membuat depresi atau beban pikiran. Atasi ketombe dengan santai dan sederhana namun tepat sasaran agar jauh-jauh dari masalah satu ini.

(Sumber: Sooperboy.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.