Sukses

Atasi Masalah Kulit Pasca Berhenti Konsumsi Pil KB dengan 3 Cara Ini

Menghentikan pengonsumsian Pil KB memang akan membawa efek samping, terutama bagi kesehatan kulit wanita. Tiga cara yang akan dibahas berikut ini dapat mengatasi masalah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Menghentikan konsumsi pil KB memang membawa efek samping, terutama bagi kesehatan kulit wanita. Pil yang mengatur sistem hormon wanita ini jika disebut dapat memunculkan jerawat, radang kulit atau penurunan produksi minyak jika dihentikan pengonsumsiannya.

Mengutip dari Health, Senin (5/3/2018), Dermatolog dari Beverly Hills sekaligus pendiri SKINxFIVE, Ava Shamban, MD., mengatakan penghentian konsumsi pil KB dapat membuat kulit benar-benar rusak.

Tak hanya itu, ahli bedah kosmetik sekaligus asisten profesor klinis dari California, Melanie D. Palm, MD, MBA, mengungkapkan hormon seperti progestin dan estrogen yang dikendalikan oleh pil KB justru dapat menciptakan lingkungan yang stabil bagi kulit.

Namun demikian, Shamban menjelaskan kerusakan kulit ini bersifat sementara. Dia membeberkan setidaknya tiga cara yang dapat dilakukan oleh Anda sebagai wanita yang akan mencoba untuk menghentikan pengonsumsian pil KB. Berikut adalah tiga cara tersebut.

1. Persiapkan terlebih dahulu

Jika ingin mengurangi efek samping dari menghentikan pengonsumsian pil KB, sebaiknya Anda harus melakukan pendekatan holistik yang dapat dimulai dua atau tiga bulan sebelumnya. Hal ini disampaikan oleh ahli dermatologi sekaligus pendiri Dr. Wang Herbal Skincare, Steven Wang, MD.

Wang mengatakan sebelum menghentikan pengonsumsian pil KB, Anda harus menjauhkan diri dari stres, memastikan agar tidur dalam waktu yang cukup, dan banyak minum air putih. Dia menambahkan, sebaiknya Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung anti-inflamasi dengan omega-3 tinggi, buah dan sayuran, serta hindari gorengan. Hal ini setidaknya dapat mengurangi risiko kerusakan kulit saat menghentikan pil KB.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rutin melakukan perawatan kulit saat berhenti konsumsi pil KB

2. Rutin melakukan perawatan kulit

Ketika hormon mulai beradaptasi pasca pemberhentian konsumsi pil KB, Anda dapat melakukan perawatan kulit yang konsisten. Anda dianjurkan untuk rajin membersihkan kulit dari makeup dan kontaminan lingkungan lainnya setiap malam.

Tidak cukup sampai di situ, kerusakan pada kulit bisa terjadi karena produksi minyak berlebih. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya tidak membiarkan kulit berminyak dalam waktu yang lama. Palm menganjurkan Anda untuk membubuhkan bedak mengandung asam salisilat pada wajah jika tidak ada waktu untuk membersihkan wajah.

3. Konsumsi obat topikal

Palm mengatakan perawatan kulit akibat menghentikan pengonsumsian pil KB dapat dimulai dengan retinoid topikal (seperti tretinoin, adapalen, atau tazaroten) dan benzoil perooksida. Retinoid topikal berperan guna mengurangi produksi minyak di wajah, mengobati jerawat, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Selain itu, benzoil peroksida mengandung bahan aktif yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Palm biasanya memberikan resep kombinasi benzoil peroksida atau gel clindamycin di pagi hari dan retinoid topikal di malam hari bagi pasiennya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.