Sukses

8 Bahaya yang Muncul Jika Tak Pakai Kacamata Hitam Saat Panas

Bagi Anda yang kerap beraktivitas di luar ruangan saat cuaca cerah atau panas terik, sebaiknya jangan pernah lupa menggunakan kacamata hitam.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya untuk bergaya, kacamata hitam memang berguna untuk melindungi diri dari panasnya sinar UV di siang hari. Lupa memakai kacamata hitam ternyata dapat berdampak bagi kesehatan penglihatan Anda.

Dilansir Step to Health, Jumat (2/3/2018), berikut adalah delapan bahaya yang ditimbulkan jika Anda lupa menggunakan kacamata hitam saat panas terik.

1. Terpapar langsung sinar UV

Efek radiasi yang dimunculkan dari sinar UV ternyata dapat menimbulkan masalah bagi penglihatan. Sinar yang dipancarkan oleh matahari tersebut dapat menyebabkan katarak atau kerusakan permanen pada kornea. Oleh sebab itu, bayangkan jika Anda lupa menggunakan kacamata hitam saat cuaca sedang cerah.

2. Sakit kepala dan mata tegang

Dalam kondisi telanjang, mata Anda akan terganggu oleh pancaran sinar matahari. Hal ini dapat berujung pada sakit kepala, yang jika dibiarkan akan menjadi migrain.

3. Mata menjadi kering

Pada dasarnya, mata membutuhkan kelembaban. Ketika terpapar sinar UV, dan tidak menggunakan kacamata hitam, mata Anda akan menjadi kering, sehingga berpotensi menimbulkan gatal dan iritasi.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timbulkan fotofobia

4. Kepekaan cahaya

Mata manusia pada umumnya memiliki kemampuan menangkap cahaya yang baik. Organ utama dalam penglihatan tersebut dapat digunakan untuk melihat pada area yang sangat ataupun cukup terang. Namun demikian, jika terpapar sinar secara terus menerus tanpa terlindungi oleh kacamata hitam, kemampuan mata untuk menangkap cahaya pun menjadi berkurang.

5. Fotofobia

Terkait dengan hal sebelumnya, lupa menggunakan kacamata hitam saat cuaca sedang panas terik berdampak pada ketakutan terhadap cahaya. Hal ini sering disebut sebagai fotofobia. Dalam kondisi ini, Anda akan memiliki sensitivitas yang terlalu tajam saat kondisi cahaya normal. Hal tersebut akan membuat Anda merasa tidak nyaman saat siang hari.

6. Degenerasi makula

Lupa menggunakan kacamata hitam saat cuaca cerah dapat meningkatkan risiko penyakit degenerasi makula. Penyakit ini akan membuat seseorang kehilangan kemampuan untuk memandang lurus ke depan. Hal ini dapat berbahaya karena seseorang dapat kehilangan penglihatan.

3 dari 3 halaman

Akibatkan konjungtivitis

7. Konjungtivitis

Penyakit mata lainnya yang akan Anda alami jika tidak menggunakan kacamata hitam saat di luar ruangan sedang panas terik yaitu radang konjungtiva. Gejala yang akan muncul yaitu sekresi lendir di pagi hari dan kelopak mata yang membengkak.

8. Luka bakar pada mata

Matahari juga dapat membakar kelopak mata. Padahal bagian tubuh ini memiliki peran besar guna melindungi mata dari benda berbahaya, termasuk pancaran sinar matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini