Sukses

Tanda-Tanda dari Gejala Khas Penyakit Langka pada Anak

Ada gejala penyakit langka yang harus diperhatikan orangtua, anak mungkin mengalami pertumbuhan dan perkembangan mundur.

Liputan6.com, Jakarta Gejala penyakit langka terbilang sulit dideteksi dan tidak terlihat. Meski begitu, ada gejala khas penyakit langka yang harus diperhatikan para orangtua.

Damayati R Sjarif, spesialis konsultan anak RS Cipto Mangunkusumo Jakarta mengungkapkan apa saja gejala khas penyakit langka pada anak.

"Kalau anak lahir normal, terus dikasih ASI. Tapi hari ketiga atau kelima dia tidak sadar. Nah, itu gejala penyakit langka. Berarti ada kelainan pada anak. Mesti ada makanan khususnya," ujar Damayanti usai acara "Rare Disease 2018" di IMERI UI, Fakultas Kedokteran UI, Jakarta, ditulis Kamis (1/3/2018).

Gejala lainnya, anak yang sudah pintar dan bisa jalan mendadak tidak bisa jalan. Pertumbuhan dan perkembangan anak mengalami kemunduran.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda Lain Anak Kena Penyakit Langka

Yang lebih jelas terlihat, anak kemungkinan mengalami penyakit langka, yakni kejang. Kejang anak tidak hilang.

"Kalau anak kejang enggak bisa diobati atau diobati tapi enggak mempan. Misalnya, anak sudah diberikan sampai tiga obat, tapi kejang belum juga berhenti. Itu perlu dipikirkan lagi," tambah Damayanti.

Orangtua harus tanggap segera bawa anak untuk pemeriksaan lebih lanjut. Untuk menangani anak yang mengalami penyakit langka perlu obat dan makanan khusus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.