Sukses

Keuntungan Ibu Hamil yang Pakai Deteksi Kandungan Teknologi 4D

USG 4 dimensi dapat merekam gambaran janin dalam kandungan dengan visualisasi bagian tubuh yang lebih jelas. Mulai dari mengisap jari sampai menguap.

Jember - Kelahiran sang buah hati adalah momen yang paling dinanti oleh semua pasangan suami istri. Hal lain yang paling tak sabar untuk ditunggu adalah jenis kelamin yang ada di dalam kandungan. Sebelum terlahir di dunia, apakah kita dapat melihat secara nyata bentuk wajah, badan, serta pergerakan dari dalam rahim bunda?

Kemajuan teknologi di era sekarang ini sangat pesat, begitu pula di dunia kesehatan. Salah satu teknologi canggih yang diterapkan di dunia kesehatan adalah alat ultrasonografi 4D.

Ultrasonografi atau yang populer disebut USG merupakan sebuah alat dalam dunia kedokteran yang memanfaatkan gelombang ultrasonik, yaitu gelombang suara dengan frekuensi yang tinggi (250 kHz – 2000 kHz) yang kemudian hasilnya ditampilkan di layar monitor. Ultrasonografi 4 dimensi dapat merekam gambaran janin dalam kandungan dengan visualisasi bagian tubuh yang lebih jelas. 

Berbagai gerakan dan aktivitasi seperti menghisap jari, menguap atau memainkan jemarinya direkam USG 4D tanpa keterlambatan waktu. Ini menghasilkan gambar yang lebih rinci dan akurat, terlihat seperti sebuah film.

“Oleh karena itu, sang bunda dapat membawa hasil pemeriksaan USG 4D yang diabadikan di dalam sebuah video,” ujar dr. Niluh Hendrawanti, Kepala RSU Kaliwates, seperti dikutip dari JawaPos, Rabu (28/2/2018).

Rumah sakit umum di Jember ini memberi pelayanan optimal terhadap pasien dengan alat kesehatan yang mutakhir berupa USG 4D. Alat ini bisa membantu pasien mendapatkan hasil pemeriksaan optimal dengan detail dan resolusi bagus, sehingga informasi yang dihasilkan sangat maksimal.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keuntungan menggunakan USG 4 Dimensi

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh ibu hamil saat USG 4 dimensi. Alat ini memberi gambaran lebih baik pada bentuk dan keadaan tubuh janin, termasuk lebih mudah dalam mendeteksi cacat tubuh janin. Serta lebih jelas menggambarkan kelainan bentuk tulang janin seperti spina bifida, tubuh kerdil, clubfoot, bibir sumbing dapat memeriksa keadaan tulang belakang secara jelas.

USG 4D juga digunakan untuk memandu pengambilan sampel darah janin maupun sampel air ketuban atau amniosentesis. Selain itu juga digunakan untuk menilai kesejahteraan janin melalui gerakan tangan dan kaki, gerak pernapasan, kelopak mata, gerak mulut, dan bahkan gerak peristaltik saluran pencernaan janin.

USG 4 Dimensi bisa juga dimaksimalkan untuk pemeriksaan penyakit misalnya mengukur besar kista, polip, dan mioma secara lebih akurat, mengukur ketebalan lapisan endometrium mengetahui secara tepat letak dan asal tumor kandungan, hingga mendeteksi tumor ovarium, fibroid, atau mioma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.