Sukses

3 Trik Bantu Si Kecil Siap Sambut Adik Baru

Sebagai orangtua, Anda bisa mempersiapkan si kecil menyambut adik barunya yang akan lahir dan obrolkan peran dia menjadi seorang kakak.

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran bayi baru menjadi momen yang ditunggu-tunggu pasangan. Apalagi setelah Anda berupaya keras untuk hamil anak kedua.

Lantas bagaimana mempersiapkan si kecil akan kehadiran adik baru? Dilansir dari Mothering, Rabu (28/2/2018), ada beberapa trik yang bisa membantu si kecil bersiap dengan kehadiran adik baru.

Trik ini juga akan membuat si kecil berlatih menjadi seorang kakak.

Yakinkan si kecil tetap diberi perhatian

Setelah kelahiran adik baru, ada kalanya si kakak merasa cemas, kalau dia mungkin kurang diperhatikan. Anda harus tetap meyakinkan, perhatian dan kasih sayang tidaklah berkurang.

Jika butuh pelukan, berikan sang kakak pelukan. Anda juga membiasakan si kecil berucap, "Aku cinta kamu." Kebiasaan ini bisa diterapkan selama dan setelah kelahiran adik barunya.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Obrolkan peran baru

Bicarakan dengan anak, kalau ia segera mempunyai adik. Ajak ia membantu hal-hal sederhana, seperti membantu mengangkat pakaian kering usai dijemur.

Anda juga bisa berkata, "Wow, kamu memang penolong yang baik! Kamu nanti bisa bawakan popok dan lap buat adik baru, ya."

Anda juga bisa mengungkapkan, cara yang bisa dilakukan si kecil untuk menghibur adiknya yang masih bayi kelak.

3 dari 3 halaman

Libatkan si kecil sambut adik baru

Anda bisa melibatkan si kecil menyambut adik baru. Misal, memintanya membantu memilihkan dekorasi atau selimut di dalam kamar.

Anda juga bisa mengajak si kecil belanja pakaian, memilih nama, dan memilah pakaian lama si kakak untuk diberi pada adiknya.

Yang paling menarik, Anda bisa mengajaknya mengelus-elus perut Anda yang hamil. Lalu obrolkan bagaimana adiknya tumbuh di dalam rahim. Tunjukkan foto rontgen kehamilan pada tahap perkembangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.