Cepat Mentruasi Cenderung Lahirkan Anak Perempuan

on

Liputan6.com, Tokyo: Masa awal menstruasi disebut-sebut dapat menentukan jenis kelamin anak. Semakin cepat Anda memulai menstruasi maka kesempatan memiliki anak perempuan semakin besar.

Menurut penelitian di M & K Health Institute di Hyogo, Jepang, wanita yang memiliki menarche (menstruasi pertama) dari rekan-rekan mereka cenderung melahirkan anak perempuan. Dalam rangka untuk menentukan apakah ada hubungan antara umur menarcheal dini dan rasio jenis kelamin keturunan, para peneliti menanyakan lebih dari 10.000 ibu tentang usia mereka saat mulai menstruasi dan jenis kelamin bayi mereka.

"Usia menarchea ini menjadi faktor risiko untuk kanker payudara dan ovarium, dan juga dikaitkan dengan tingkat aborsi yang terus meningkat," kata para peneliti dalam siaran pers Universitas. Temuan penelitian ini diterbitkan dalam edisi terbaru jurnal Human Reproduction.

Studi ini menemukan bahwa 46 persen anak-anak yang lahir dari ibu yang mulai menstruasi pada usia 10 tahun adalah anak laki-laki. Angka tersebut meningkat menjadi 50 persen bila perempuan itu mulai menstruasi pada 12, dan 53 persen ketika para wanita memasuki menarche pada usia 14.

Penelitian ini menambahkan bukti-bukti untuk penelitian sebelumnya, yang menemukan tingginya hormon seks estradiol pada wanita yang mulai menstruasi sebelum usia 12 tahun. "Hal ini dapat menyebabkan sel telur yang sudah dibuahi gugur," kata Pemimpin peneliti Misao Fukuda dikutip TIO.(MEL)
Suka artikel ini?

0 Comments