Sukses

Liur Anjing Sebabkan 3 Masalah Ini, Harus Bilas Pakai Tanah?

Bermain dengan anjing peliharaan memang terkadang menyenangkan. Namun, harus hati-hati dengan beberapa penyakit akibat air liur hewan lucu ini.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hewan peliharaan favorit adalah anjing. Beberapa orang senang ketika anjing menjilati tangan atau wajahnya. Namun, tahukah Anda jika liur anjing bisa memberikan beberapa penyakit?

Dilansir dari Prevention, Jumat (23/2/2018), air liur anjing mengandung kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan sakit.

"Ketika air liur anjing mengenai kulit manusia, terutama mereka yang sehat, kecil untuk menimbulkan masalah karena sedikit penyerapan melalui kulit," kata Sonia Batra, MD, seorang dermatolog.

"Namun, air liur anjing dan apa pun yang ada di dalamnya, dapat menyerap dengan mudah lewat selaput lendir hidung, mulut, dan mata orang. Juga melalui luka," kata pembawa acara The Doctors itu menambahkan.

Menurut Batra, penting untuk mencuci tangan dan area yang terkena jilatan dan air liur anjing.

Berikut ini beberapa penyakit yang bisa dibawa dari air liur anjing.

 

 Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Parasit

Menurut Batra, cacing tambang dan cacing gelang disebarkan dari anjing ke anjing lain, terutama saat mereka menjilat anus satu sama lain.

Parasit ini bisa menular kepada Anda. Walaupun jarang terjadi, bukan tak mungkin terjadi. Jika ada ruam atau gatal, penurunan berat badan, berturunnya nafsu makan, bersin, batuk, sakit perut, diare, merasa lelah, atau demam setelah terkena air liur anjing, ini mungkin pertanda Anda terkena parasit.

3 dari 4 halaman

2. Sakit Perut

"Anjing menghabiskan waktu mereka di tempat kotor seperti dekat kotoran hewan atau air yang tercemar. Mereka membawa semua jenis bakteri," kata Batra.

Menurutnya, beberapa bakteri itu adalah jenis zoonosis, artinya itu kebal pada hewan, tapi bisa menyebabkan penyakit pada manusia.

Beberapa bakteri bisa menimbulkan sakit perut, diare, demam, mual, dan muntah. Beberapa bakteri tersebut antara lain, E.Coli, salmonella, leptospira, dan giardia.

Ciuman manis dari seekor anak anjing lucu tidak akan mampu menyembuhkannya.

 

4 dari 4 halaman

3. Ruam di Kulit

Selain sakit perut, anjing juga bisa membawa jamur penyebab ruam di kulit.

Untuk mengetahui apakah Anda rentan tertular penyakit dari liur anjing, Batra memiliki caranya.

"Jika seekor anjing menjilat wajah atau kulit, lalu itu menjadi merah dan terjadi radang dalam beberapa menit, itu artinya Anda memiliki alergi."

Untungnya, Anda dapat mengobati hal itu dengan krim antijamur, salep, atau obat-obatan minum. Namun lebih baik, Anda berpikir dua kali sebelum membiarkan anjing Anda menjilati wajah Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.