Sukses

Obat Anti-Hipertensi Tidak Sebabkan Gagal Ginjal

Sebagian besar orang masih beranggapan, obat anti-hipertensi (tekanan darah tinggi) dapat menyebabkan gagal ginjal.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang masih beranggapan, obat anti-hipertensi (tekanan darah tinggi) dapat menyebabkan gagal ginjal. Apalagi obat anti-hipertensi yang digunakan dalam jangka waktu panjang.

Anggapan tersebut dijelaskan lebih rinci oleh ahli ginjal hipertensi, Tunggul D Situmorang. Ia mengatakan, semua jenis obat anti-hipertensi aman dikonsumsi.

"Seluruh obat anti-hipertensi tidak sebabkan gagal ginjal. Itu aman dikonsumsi. Obat anti-hipertensi justru membantu mengontrol tekanan darah," kata Tunggul saat konferensi pers "The 12th Annual Scientific Meeting of Indonesian Society of Hypertension" di Kantor InaSH, Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Salah satu yang menyebabkan gagal ginjal adalah hipertensi yang tak bisa dikontrol. Hipertensi yang tidak terkendali dapat merusak organ-organ tubuh, yang memiliki pembuluh darah.

Hal ini mengganggu fungsi ginjal, yang menimbulkan gagal ginjal kronis.

 

Simak juga video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fungsi Ginjal Turun

Tunggul menekankan, ada fase-fase tertentu yang membuat fungsi ginjal menurun. Kondisi ini bisa dipengaruhi dari usia, terutama orang yang lanjut usia (lansia).

Dalam kondisi ini, bukan berarti obat anti-hipertensi akan memperparah gagal ginjalnya. Tapi hipertensi yang tak terkontrol bisa menjadi penyebabnya.

Dalam pemberian obat pun, kata Tunggul, dokter berupaya meresepkan obat anti hipertensi terbaik kepada pasien-pasiennya.

Yang lebih penting, penderita hipertensi juga perlu menerapkan, pola hidup sehat, seperti berhenti merokok dan olahraga teratur agar tekanan darah dapat terkontrol baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.