Sukses

Top 3 Hari Ini: 3 Mitos Konsumsi Kedelai Ini Ternyata Salah Besar

Sejumlah mitos mengatakan kedelai bisa mengacaukan kesuburan dan kanker payudara, apa iya faktanya begitu?

Liputan6.com, Jakarta Artikel seputar mitos kedelai ampuh menyita atensi tertinggi pembaca kanal Health. Salah satu mitos yang masih berembus kencang adalah kedelai mampu menurunkan risiko kanker. Sebuah penelitian berkata sebaliknya, kedelai meningkatkan risiko kanker. 

Sementara artikel soal makanan penyebab kolesterol tinggi bercokol di urutan kedua berita populer setelah mitos tentang kedelai. Sebaiknya tidak mengonsumsi 300 gram lebih kolesterol tiap hari karena berisiko terpapar sederet penyakit tidak menular.

Artikel ketiga populer dihuni oleh bahaya yang mengintai jika minum air putih berlebihan. Di sisi lain, air putih bagus untuk atasi kehilangan cairan dan dehidrasi. Salah satu dampak negatifnya otot bisa menjadi keram. Kok bisa? Simak artikel menarik di bawa ini.

Berikut Top 3 Health:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 3 Mitos Konsumsi Kedelai Ini Ternyata Salah Besar

Ada banyak mitos tentang kedelai yang memang sempat ramai diperbincangkan. Beberapa penelitian yang dilakukan awal tahun 90-an menyebutkan bahan dasar tahu dan tempe ini dapat menurunkan risiko kanker.

Namun demikian, pada tahun 1996, muncul penelitian yang menyebutkan kedelai justru dapat meningkatkan risiko kanker. Menurut para ahli, belum ada bukti yang mengatakan konsumsi kedelai memiliki efek negatif untuk kesehatan.

Selengkapnya..

3 dari 4 halaman

2. Kolesterol Tinggi Bisa Terjadi Setelah Santap 7 Makanan Ini

Pilihan makanan yang salah merupakan penyebab paling umum dari kolesterol tinggi. Kita dianjurkan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 300 gram kolesterol setiap hari.

Kadar kolesterol dalam darah yang berlebihan ini bisa menjadi faktor risiko dari penyakit tidak menular (PTM) seperti hipertensi, diabetes, dan serangan jantung.

Selengkapnya..

4 dari 4 halaman

3. Ancaman Mematikan Jika Minum Air Putih Berlebihan

Banyak minum memang dianjurkan, tapi minum air putih yang berlebihan pun tidak menyehatkan.

Beberapa orang mungkin terlalu takut akan kehilangan cairan dan dehidrasi. Ini mungkin menyebabkan mereka jadi banyak mengonsumsi air putih, bahkan di saat-saat mereka belum membutuhkannya.

Selengkapnya..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.