Sukses

Bisa Main Alat Musik, Bikin Kamu Cerdas Sampai Tua

Liputan6.com, Jakarta Main alat musik entah itu gitar, piano, drum atau yang lainnya bukan sekadar untuk menyalurkan hobi. Memainkan alat musik memiliki manfaat hebat lainnya, yakni meningkatkan kecerdasan.

"Mempelajari alat musik memiliki banyak manfaat, termasuk dalam meningkatkan kecerdasan intelektual (IQ) hingga tujuh poin, baik bagi anak-anak dan orang dewasa. Bahkan manfaat bermain musik pada otak masih terlihat pada mereka di atas 65 tahun," kata psikolog dari University of Zurich, Swiss, Lutz Jäncke.

Menurut Lutz, bermain musik memang memengaruhi struktur dan fungsi otak. Hal ini tidak terlihat pada mereka yang tidak bermain musik.

"Saat seseorang bermain alat musik ada bagian otak yang mengontrol pendengaran, memori, dan suara. Hal ini membuat otak jadi aktif dan penting dalam membuat perubahan dalam otak," kata Lutz seperti mengutip Telegraph, Rabu (21/2/2018).

 

 

Saksikan juga video pilihan berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Main musik dongrak nilai akademis anak

Lutz juga mengungkapkan manfaat bermain alat musik yakni piano bagi anak. Rupanya, main piano juga membuat anak belajar disiplin dan punya perencanaan yang baik.

"Anak-anak yang belajar main piano melatih mereka jadi disiplin, lebih memperhatikan sesuatu, dan punya perencanaan yang baik. Ketiga aspek ini penting dalam meningkatkan performa akademis, sehingga bisa bikin masa depannya cerah," katanya .

Satu lagi, musik juga membuat seseoragng mempelajari bahasa asing dan pintar dalam menginterpretasi emosi seseorang.

"Jadi bukan hanya belajar bahasa baru dan melatih ingatan kosa kata baru. Kami juga melihat musisi itu lebih mampu untuk mengetahui perasaan orang lain dari nada suara," kat Lutz.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.