Sukses

Herbal, Pilihan Baru Pengobatan

Bagi Anda yang mengidap penyakit dan telah mencoba pengobatan modern, namun belum juga sembuh, kini bisa mencoba pengobatan herbal.

Liputan6.com, Jakarta: Lebih dari 300 jenis tanaman obat ditanam di Kebun Karyasari, Cilangkap, Jakarta Timur. Masing-masing tanaman di kebun ini memiliki fungsi dan manfaat berbeda. Tempuyung dan cakar ayam, misalnya, buat menghancurkan batu ginjal. Sementara daun sirsak untuk menggantikan kemoterapi pada kanker. Sedangkan belimbing untuk darah tinggi. 

Namun, untuk menggunakan jenis tanaman-tanaman herbal tersebut, kesehatan Anda harus diperiksa lebih dahulu di klinik herbal. Setelah itu, Anda akan diberi resep obat. "Saya lebih menyukai herbal. Sebab, kerjaan lebih aman, kerjaan juga lebih halus, dan lebih sembuh," kata dokter Heru Tandyono, dokter dan herbalist, kepada Liputan 6 SCTV, baru-baru ini.

Daun, akar, atau buah bisa diolah secara tradisional ,seperti direbus atau atau ditempelkan di bagian tubuh yang sakit. Tapi, ada yang telah diolah menjadi kapsul dengan alasan praktis dan mudah. Harga obat herbal yang telah diolah menjadi kapsul rata-rata Rp 30 ribu hingga Rp 45 ribu untuk 30 kapsul yang bisa digunakan dalam 10 hari

Manfaat tanaman obat sudah dirasakan Helda Hasyiria yang pernah divonis dokter mengidap kista. Selama dua bulan belakangan, ia mengonsumsi daun dewa, cakar ayam, temu putih, dan kunir putih. "Di cek akhir bulan, sudah hilang kistanya," ujar Helda.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini