Sukses

Meditasi Sebentar di Pagi Hari, Bisa Rileks Sepanjang Hari

Liputan6.com, Jakarta Pagi hari mungkin merupakan waktu yang sibuk. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan meditasi di pagi hari.

Beberapa penelitian mengatakan, meditasi mampu meningkatkan kesadaran diri, menurunkan stres, dan meningkatkan konsentrasi. Namun, bagaimana melakukannya dalam 5 menit saja?

Sharon Salzberg, seorang guru meditasi menyarankan beberapa tahap meditasi yang bisa dilakukan selama 5 menit.

Jika Anda hanya punya waktu lima menit, lakukan lima menit saja," kata Salzberg dikutip dari Huffington Post pada Selasa (20/2/2018).

Menurutnya, dari lima menit bisa diteruskan hingga 10 menit dan seterusnya. Semakin banyak meditasi, semakin besar keuntungan fisik dan mental yang didapatkan.

1. Temukan tempat yang santai untuk melakukannya

Pastikan Anda berada di tempat yang nyaman. Pakar meditasi menyarankan untuk duduk dengan tulang punggung tegak dan jaga bahu rileks.

Anda juga boleh memilih untuk tetap membuka mata atau menutup mata.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memusatkan nafas dan pikiran

2. Mulai bernafas

Pusatkan perhatian pada lubang hidung, dada, atau perut. Bernafaslah secara alami. Anda harus merasakan nafas yang keluar masuk ke dalam tubuh. Ketika pikiran mulai mengembara kemana-mana, cobalah untuk memusatkannya kembali pada nafas.

3. Sadari bahwa ada pikiran-pikiran lain

Jangan panik apabila perhatian mulai memikirkan hal-hal lain. Biarkan hal-hal itu terlepas dari pikiran untuk sesaat.

"Setiap kali Anda melepaskan apa yang mengganggu pikiran, Anda sedang melakukan sebuah latihan," kata penulis Real Happiness: The Power of Meditation: A 28 Day Program ini.

 

3 dari 3 halaman

Pikirkan hal positif

4. Selesaikan dengan sebuah pemikiran positif

Salzberg mengatakan bahwa meditasi pagi adalah kesempatan bagus untuk mengatur hari dengan pemikiran yang positif. Dia menambakan bahwa meditasi selama lima menit bukan hanya tentang pernafasan. Namun, itu juga melatih diri untuk menemukan relaksasi sepanjang hari.

Jika Anda menemukan diri merasa terlalu berat dalam pekerjaan, cobalah untuk memulai meditasi di pagi hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.