Sukses

Cegah Osteoporosis, Manfaat Rutin Olahraga Sebelum Menopause

Liputan6.com, Jakarta Perbanyak olahraga bagi para wanita berguna menghambat osteoporosis. Tujuan dari aktivitas fisik ini guna memberikan penekanan dan beban terhadap tulang.

Dokter dari situs Klik Dokter, Dr Rio Aditya, menjelaskan, tulang akan semakin padat jika kita sering mempergunakan itu untuk olahraga. Sehingga tulang dapat beradaptasi sesuai dengan lingkungannya.

"Karena jika diberikan banyak beban dan penekanan, tulang akan bertumbuh semakin tebal," kata Dr Rio dikutip dari Klik Dokter pada Selasa, 20 Februari 2018.

Ada tiga jenis olahraga yang Rio anjurkan agar terhindar dari osteoporosis. Dari yang ringan seperti jalan kaki, beladiri, sampai angkat beban.

 

Simak video menarik berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungan Olahraga untuk Cegah Osteoporosis

Dengan melakukan banyak aktivitas yang melibatkan kontak fisik, kata Dr Rio, kepadatan massa tulang akan bertambah dibanding orang-orang yang malas olahraga.

Menurut Dr Rio, prinsip ini yang menjadi alasan wanita pekerja atau yang aktif cenderung lebih jarang mengalami osteoporosis.

Hal ini semakin dipertegas dengan hasil penemuan yang dikemukakan National Osteoporosis Foundation di Amerika Serikat, yaitu rutin olahraga sebelum memasuki usia menopause, punya efek luar biasa untuk kesehatan wanita itu sendiri di kemudian hari.

Wanita yang kurang aktif secara fisik memiliki kepadatan tulang yang rendah karena minimalnya stimulasi yang diberikan pada tulang. Kepadatan tulang yang rendah berarti tabungan kalsium di tulang lebih sedikit.

Sehingga pada masa menopause, jumlah kalsium yang diambil oleh sel osteoklast akan lebih cepat habis dibandingkan dengan tulang yang memiliki tabungan kalsium yang banyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.