Sukses

Ajarkan Yoga pada Anak, 3 Hal Menakjubkan Ini Bakal Terjadi

Mengajarkan yoga pada anak ternyata dapat memberikan manfaat menakjubkan. Berikut adalah tiga manfaat menakjubkan dari melatih yoga pada anak sejak dini.

Liputan6.com, Jakarta Yoga memang dianggap sebagai salah satu aktivitas yang membawa banyak manfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani seseorang. Aktivitas ini dianggap dapat memperkuat dan memperbaiki ketidakseimbangan dalam tubuh.

Namun demikian, apa yang terjadi bila aktivitas olah fisik dan mental ini diterapkan pada anak-anak?

Dilansir step to health, Senin (19/2/2018), mengajarkan yoga pada anak sejak dini ternyata membawa manfaat menakjubkan yang mungkin tak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Mereka akan belajar memperbaiki diri tanpa berkompetisi

Kecenderungan anak adalah melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang diwarnai kompetisi, seperti sepak bola, balap lari, dan sebagainya. Namun demikian, dengan mengajarkan yoga padanya, Anda sudah menanamkan pada anak untuk bisa mengevaluasi diri tanpa memandang rendah orang lain atau hanya untuk sekadar memenangi hadiah.

Selain itu, melalui yoga, Anda dapat mengajarkan pada anak untuk mendapatkan kepuasan yang datang dari dalam diri. Yoga juga akan membuatnya sadar bahwa mereka tidak dapat bergantung pada pengakuan dari orang lain untuk mendapatkan kebahagiaan.

 

Saksikan juga video berikut ini :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Yoga pada anak dapat mendorong pengetahuan diri

2. Yoga pada anak dapat mendorong pengetahuan diri

Melakukan yoga memang akan membuat kita dapat merasakan setiap otot, tulang, atau bahkan ketika menghirup udara di sekeliling. Menyadari akan batas diri dan merasa kapabel untuk mengatasi permasalahan yang ada dapat memberikan sensasi kekuatan, yang menyebabkan Anda akan merasakan harga diri yang lebih baik. Hal ini akan sangat baik bila diajarkan pada anak sejak dini.

Selain itu, mengajarkan yoga pada anak dapat membuat mereka sadar untuk menghormati fungsi tubuh yang ada. Selain itu, anak akan sadar di mana dirinya sedang berada, sehingga dapat menentukan bagaimana harus bersikap.

3. Belajar mendeteksi dan mengendalikan stres

Bukankah menakjubkan ketika Anda menyadari sang buah hati dapat mengatasi stres yang dialaminya. Hal ini dapat terjadi jika Anda mengajarkan yoga sejak dini padanya. Aktivitas fisik ini dapat membuat mereka dapat mengelola emosi yang ada pada diri. Kemudian, dengan mengelola emosi yang ada, anak akan lebih mudah untuk menemukan cara menghadapi masalah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.