Sukses

Cantik dengan Kopi, Bagaimana Caranya?

Liputan6.com, Jakarta Ada keajaiban yang terkandung dalam secangkir kopi. Ungkapan ini rasanya tidak berlebihan.

Tidak hanya bisa membantu menjaga kesehatan, ada banyak manfaat dari kopi yang berguna untuk kecantikan.

Apakah Anda tahu, kalau kafein telah terbukti secara ilmiah bisa menghilangkan selulit? Atau mengoleskan kopi pada rambut bisa mempercepat pertumbuhannya? Tak cuma itu, mereka juga efektif menghilangkan mata panda.

Mulai sekarang, saat Anda minum kopi, jangan buang ampasnya. Berikut berbagai manfaat kopi bagi kecantikan, seperti dilansir dari Byrdie, Senin (19/2/2018).

1. Luapan antioksidan

Kita biasanya menghubungkan antioksidan dengan makanan super, seperti bluberi dan delima. Namun secangkir kopi ternyata mengandung muatan antioksidan yang luar biasa untuk kesehatan kulit secara menyeluruh.

Antioksidan memerangi penuaan dini pada kulit akibat panas, cahaya, polusi, dan radikal bebas yang merusak. Antioksidan di dalam kopi, flavonoids, dilepaskan ketika kopi diracik.

2. Perlindungan

Antioksidan tadi juga berfungsi sebagai pelindung, yang gunanya berlanjut sampai ke rambut. Masker atau produk rambut yang mengandung kopi akan membantu mencegah rambut rontok sekaligus meningkatkan sinarnya.

Belum lagi, menggunakan produk mengandung kopi akan membuat rambut Anda berbau sangat enak.

3. Mengempeskan

Ketika digunakan untuk pemakaian luar, kafein dalam kopi membantu mengurangi bengkak pada mata. Kafein akan membatasi aliran darah ke area tersebut dan mengurangi bengkaknya.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Membersihkan dan menghaluskan

Tak hanya kopi tumbukan ideal untuk dijadikan scrub buatan rumah, mereka juga sangat efektif tanpa menyakiti kulit.

Kopi yang ditumbuk sampai halus akan mengangkat sel kulit mata dan akan membuat kulit jadi halus dan mulus tanpa iritasi.

5. Mengencangkan

Karena kopi bersifat diuretik, krim dan serum yang mengandung kopi bisa secara sementara mengurangi tampilan selulit. Hal ini dilakukan dengan cara menarik cairan menjauhi sel lemak, pada dasarnya membuat sel lemak jadi dehidrasi.

Hal ini akan mengecilkan ukuran selulit, menghasilkan efek lebih kencang bila dilihat dari luar.

3 dari 3 halaman

6. Menenangkan

Mengingat kafein dalam kopi memiliki fungsi sebagai stimulan, sungguh mengejutkan kalau ternyata kopi juga bisa menenangkan kulit yang terinflamasi.

Efek ini ditimbulkan oleh antioksidan yang juga melindungi kulit dari penuaan dini.

7. Mencerahkan

Anda mungkin sudah tahu bagaimana kopi membuat Anda terbangun di pagi hari? Ternyata kopi juga memiliki hal yang sama pada kulit.

Ketika digunakan sebagai masker wajah, kandungan stimulan di dalam kopi akan memperlancar aliran darah dan membuat kulit jadi terlihat cerah, dan bersinar. Atau pada dasarnya, jadi terlhat "terbangun".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.