Sukses

Cara Ampuh dan Sehat dalam Menurunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Siapa bilang menurunkan berat badan itu tidak boleh makan ini dan itu. Menurut dokter spesialis gizi klinik RS Medistra Jakarta, Cindiawaty Pudjiadi, cara menurunkan berat badan yang paling baik adalah tetap dengan mengonsumsi makanan secara bergizi dan seimbang.

"Tetap konsumsi sumber karbohidrat, protein, sumber lemak tambah sayur dan buah serta jangan lupa air putih, tapi kalorinya diturunkan," kata Cindi saat ditemui Liputan6.com beberapa waktu lalu ditulis Minggu (18/2/2018).

Namun seberapa banyak karbohidrat, protein, atau lemak yang perlu diturunkan tidak sama pada setiap orang. Itu sebabnya perlu konsultasi khusus dengan dokter atau dokter spesialis gizi klinik untuk mengetahui penurunan kalori secara detail dan pribadi seperti disampaikan Cindi.

"Jadi, kalau mau diet, mau turun berat badan bagus, bonus sehat tolonglah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gizi klinis di sekitar Anda," pesannya.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olahraga yang cocok

Selain mengatur asupan makanan, olahraga juga aspek penting lainnya yang harus dilakukan agar berat badan turun. Cindi menyarankan olahraga sekita 3-5 kali seminggu masing-masing sekitar 30-60 menit.

"Bisa jalan cepat, jogging, atau apapun yang disukai. Jalan di mal juga bisa. Lalu, didukung dengan angkat beban," pesannya.

Latihan angkat beban diperlukan untuk melatih otot-otot di tubuh. Sehingga penurunan berat badan yang terjadi adalah penurunan lemak, bukan otot atau air.

"Kalau berat badan turun dengan cepat, enggak tahu itu apa yang turun. Kalau yang turun otot dan air, itu enggak awet. Yang paling bagus turun berat badan aladah turun lemak tubuh, tapi otot harus dipertahankan atau ditingkatkan," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.