Sukses

Kenikmatan Pakai Sabu seperti Dhawiya Zaida Tidak Berlangsung Lama

Liputan6.com, Jakarta Sabu yang dipakai Dhawiya Zaida, Fachri Albar, dan Roro Fitria tidak mendatangkan faedah sama sekali. Malah secara perlahan, berbagai gangguan dalam tubuh akan muncul.

Apa pun jenis narkoba tersebut, sebaiknya harus Anda jauhkan. Apalagi jika dalam pengerjaannya harus menggunakan jarum suntik. 

Anda harus tahu bahwa jarum suntik yang berulang saat menggunakan narkoba, dapat meningkatkan infeksi virus dan penyakit menular berbahaya, seperti HIV/AIDS, dan hepatitis.

Penggunaan obat-obatan terlarang, seperti sabu yang menjadi 'kawan' bagi Dhawiya Zaida dan Fachri Albar, dalam jangka pendek dapat menurunkan berat badan secara drastis, mengganggu pola tidur, serta memicu hiperaktif, rasa mual, delusi, agresif, dan sifat lekas marah.

Efek lain yang juga mengkhawatirkan yaitu insomnia, kebingungan, halusinasi, kecemasan berlebih, dan paranoid. Penggunaan dosis secara berlebihan dapat mengakibatkan kejang-kejang dan kematian.

Sementara itu, pemakaian sabu dalam jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan, kekurangan gizi, depresi, dan yang paling parah adalah kerusakan permanen pada pembuluh darah.

Kemudian dapat terjadi peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, serta kerusakan pembuluh darah di otak yang menyebabkan strok atau detak jantung tidak teratur, sehingga memicu kerusakan jantung dan lainnya. Pada akhirnya semua itu akan berujung pada kematian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan Sabu Picu Gangguan Mental

Penggunaan obat-obatan terlarang juga dapat memicu gangguan mental, seperti depresi, gangguan jiwa berat, godaan untuk melakukan tindak kejahatan, kekerasan, dan tidak sedikit yang memilih bunuh diri.

Kondisi ekonomi juga dapat terpengaruh. Anda mungkin akan membutuhkan banyak biaya untuk penyembuhan dan perawatan kesehatan. Belum lagi, Anda akan mendapatkan pandangan buruk dari masyarakat.

Melalui penjabaran di atas, Anda tentu sudah tahu dampak buruk dari penggunaan sabu. Tidak hanya mengganggu kesehatan fisik, pemakaian sabu juga dapat memengaruhi kondisi mental dan jiwa Anda. Berkaca pula dari kasus Fachri Albar dan Roro Fitria, Anda sebaiknya menjauhi sabu dan obat-obatan terlarang lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.