Sukses

Waspada, 5 Infeksi Menular Ini Ternyata Ditularkan Melalui Ciuman

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa infeksi menular ternyata dapat disebarkan melalui ciuman. Kontak fisik yang melibatkan pertemuan mulut dengan mulut memungkinkan penyebaran virus dan bakteri melalui air liur.

Dilansir step to health, Sabtu (17/2/2018), ada beberapa infeksi menular yang disebabkan oleh ciuman. Umumnya, infeksi menular ini disebabkan oleh pertukaran air liur saat aktivitas itu dilakukan. Apa sajakah infeksi menular tersebut? Berikut ulasannya :

1. Infeksi Mononukleosis

Jika Anda mulai mengalami demam, sakit tenggorokan, dan pembengkakan pada kelenjar getah bening, sebaiknya Anda mulai mengingat, kapan terakhir kali melakukan ciuman. Lantaran penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyebar melalui pertukaran air liur.

Meski penyakit ini bisa diderita oleh siapa saja, namun umumnya, infeksi mononukleosis terjadi pada remaja. Apabila mengalami gejala infeksi ini, segera pergi ke dokter untuk melakukan tes darah.

2. CMV (Cytomegalovirus)

Penyakit infeksi ini masih satu famili dengan herpes. Penyebaran virus ini terjadi melalui kontak langsung cairan tubuh, transfer darah, dan kontak seksual. Maka tak heran mereka yang sering berciuman berpotensi untuk menderita penyakit CMV.

Bila sistem kekebalan tubuh kuat, mereka yang terinfeksi virus ini tidak akan mengalami banyak risiko. Namun, bila terjadi pada bayi, hal ini dapat menimbulkan banyak masalah pada bayi. Oleh sebab itu, untuk melakukan pendeteksian, dilakukan tes darah. Selanjutnya, guna penanganan, seorang penderita infeksi CMV hanya butuh suntikan antiviral dan menjaga kebersihan.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awas, ciuman dapat sebabkan radang gusi

3. Radang gusi

Salah satu bahaya dari ciuman adalah penyebaran bakteri melalui air liur. Infeksi bakteri yang melekat pada gigi dan gusi dapat menimbulkan radang. Gejala yang ditimbulkan dari radang gusi yaitu pendarahan dan pembengkakan pada daerah yang terinfeksi.

Apabila mengalami gejala tersebut disertai bau mulut, segera konsultasikan pada dokter Anda. Hal ini tentu akan berbahaya jika Anda diamkan terus menerus.

4. Radang tenggorokan

Penyakit ini mungkin terasa begitu menyiksa. Hal ini lantaran infeksi bakteri streptokokus A dan B, yang menyerang tenggorokan. Umumnya, gejala yang akan ditimbulkan yaitu iritasi, bintik putih di bagian belakang tenggorokan, pembengkakan, sakit kepala, dan demam.

Infeksi ini dapat menyebar melalui kontak fisik, seperti ciuman dan bersin yang langsung terhirup. Oleh sebab itu, berhati-hatilah akan hal ini.

5. Herpes labialis

Penyakit ini terjadi karena infeksi virus pada bibir, mulut, dan gusi. Virus ini dapat menyebar melalui ciuman. Gejala dari penyakit ini akan muncul satu hingga dua minggu setelah terpapar virus. Gejala yang akan ditimbulkan yaitu demam, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Jika sudah mengalami gejala tersebut, segeralah periksa ke dokter. Umumnya, Anda akan menerima resep obat antiviral, krim topikal dan tutorial menjaga kebersihan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.