Sukses

Tanda-Tanda Sakit Ginjal Diawali dengan Mulut Kering?

Mulut kering merupakan salah satu keluhan yang muncul pada pasien sakit ginjal. Hal tersebut terkait dengan gangguan pada kelenjar air liur, pembatasan asupan cairan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, kondisi mulut kering mungkin terlihat biasa dan tak terlalu dianggap penting. Namun, tahukah Anda bahwa mulut kering merupakan suatu pertanda sakit ginjal?

Kelainan pola makan (anoreksia), kelainan darah (anemia), tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung merupakan kelainan-kelainan yang diderita oleh pasien penyakit ginjal. Namun, selain kelainan tersebut, penderita sakit ginjal juga sering mengalami gangguan pada rongga mulut.

Keadaan rongga mulut seseorang yang mempunyai masalah pada ginjalnya bisa menunjukkan kondisi penyakit yang dideritanya. Namun, tentu saja hal tersebut harus dipastikan dengan pemeriksaan lengkap untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Mulut kering merupakan salah satu keluhan yang muncul pada pasien sakit ginjal. Hal tersebut terkait dengan gangguan pada kelenjar air liur, pembatasan asupan cairan, dan efek terapi dari obat-obatan yang dikonsumsi.

Klik Dokter

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaitan Mulut Kering dengan Sakit Ginjal

Selain mulut kering, ada juga gangguan rongga mulut lainnya yang bisa dialami para penderita sakit ginjal. Seperti bau mulut atau halitosis.

Bau mulut atau halitosis disebabkan meningkatnya kadar urea dalam darah dan air liur akibat dari gangguan fungsi ginjal. Urea tersebut kemudian berubah menjadi amonia yang berbau tak sedap dan menimbulkan bau mulut yang khas.

Selain itu, terdapat pula rasa yang tidak enak dalam mulut dan gangguan pada pengecapan rasa yang dikaitkan dengan peningkatan kadar urea pada air liur. Peradangan pada gusi dan tulang yang mendukung gigi juga bisa terjadi dan menyebabkan gigi menjadi goyang serta lepas.

Perawatan gigi pada penderita penyakit ginjal memerlukan perhatian khusus dari dokter gigi. Hal tersebut bukan hanya karena penderita penyakit ginjal memiliki beberapa masalah dalam rongga mulutnya, melainkan juga karena efek samping dari perawatan yang mungkin saja terjadi.

Sebelum perawatan dilakukan, jelaskan mengenai kondisi penyakit Anda dan terapi yang Anda jalani. Hal ini dilakukan guna menghindari komplikasi yang bisa saja terjadi, dan untuk menentukan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan.

Meski tak semua kondisi mulut kering disebabkan sakit ginjal, jangan pernah menyepelekan gangguan rongga mulut yang satu ini. Periksakan diri Anda ke dokter gigi secara rutin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini