Sukses

Anak Rentan Kena Batu Ginjal, Bagaimana Bisa?

Akibat aktivitas bermain yang padat tapi tidak diimbangi dengan asupan minum yang cukup membuat anak rentan kena batu ginjal

Liputan6.com, Jakarta Ada tiga kelompok orang yang rentan mengalami batu ginjal. Mereka adalah pria, dewasa muda, dan anak kecil.

Tidak perlu syok untuk kelompok individu yang terakhir. Ya, buah hati Anda tercinta juga punya risiko mengalami batu ginjal.

Menurut Spesialis Urologi Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya, dr Hery Tiera SpU, pemicu kemunculan penyakit batu ginjal adalah pola asupan minum yang tidak benar. Pastikan asupan minum si Kecil benar-benar terpenuhi mengingat aktivitas bermain mereka yang banyak.

"Anak itu kegiatannya bermain. Kalau tidak disertai asupan minum yang cukup (dalam hal ini air putih), bisa bikin mereka dehidrasi," kata Hery dalam diskusi Nyeri Pinggang Gejala Batu Ginjal atau Bukan? di Senayan City pada Selasa, 13 Februari 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anak dan Orang Dewasa Rentan Sakit Batu Ginjal

Sama halnya dengan orang dewasa muda. Ketika anak kekurangan cairan, tubuh jadi rentan mengalami endapan kristal di ginjal. Kondisi itu menjadi pemicu batu ginjal.

"Kalau anak banyak bermain, kalau orang dewasa muda biasanya suka lupa minum dikarenakan aktif bekerja dan beraktivitas di luar rumah," kata Hery.

Inti permasalahannya sama. Tak mau terkena penyakit batu ginjal, hindrasi dehidrasi berlebihan dengan banyak minum air putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah kondisi ketika di dalam ginjal terbentuk material keras menyerupai batu.

    Batu Ginjal

Video Terkini