Sukses

Operasi Murah bagi Warga Jakarta

RSUD Cengkareng, Jakbar, kini dilengkapi fasilitas untuk menangani gangguan jantung dengan biaya terjangkau. Menurut rencana, seluruh RSUD di Jakarta segera dilengkapi dengan fasilitas serupa.

Liputan6.com, Jakarta: Kabar gembira bagi warga Jakarta yang menderita gangguan jantung. Sebab, Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, kini telah memiliki fasilitas laboratorium kateterisasi jantung. Bukan hanya baru, fasilitas ini dibangun untuk memberikan layanan hemat bagi warga Ibu Kota.

Operasi kateterisasi yang biasanya memakan biaya di atas Rp 8 jutaan bisa diperoleh di sini dengan biaya sekitar Rp 6 jutaan. "Yang dilayani sebagian besar keluarga tak mampu. Ini merupakan komitmen pemerintah daerah untuk memberikan layanan kesehatan yang semakin baik dan merata bagi warga Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo saat meninjau RSUD Cengkareng, Sabtu (9/4).

Selain itu, para pasien tak mampu juga bisa mendapatkan operasi gratis setelah melengkapi diri dengan dokumen-dokumen yang diperlukan. "Khusus warga DKI, akan mengikuti prosedur dengan adanya surat keterangan dari dokter untuk melakukan tindakan kateterisasi," ucap Kepala Instalasi Rawat RSUD Cengkareng dokter Budiman Widjaja.

Dari surat dokter itu, si pasein harus membuat surat keterangan dari RT, RW, kelurahan, dan puskesmas. "Setelah itu, mereka melakukan verifikasi dengan surat keterangan tindakan dokter ke suku dinas kesehatan," ucap Budiman.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo berencana seluruh rumah sakit umum daerah di Ibu Kota akan dilengkapi fasilitas penanganan jantung ditambah klinik hemodialisa seperti di RSUD Cengkareng ini.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.