Sukses

Kencan Sehat di Hari Valentine Bukan Tidak Mungkin

Liputan6.com, Jakarta Untuk merayakan Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang, Anda mungkin sudah merencanakan makan malam yang romantis dengan pasangan. Restoran dan menu makan yang Anda pilih barangkali juga berbeda dari hari lain.

Menu makan malam lengkap, mulai dari makanan pembuka hingga makanan penutup, memang sungguh menggoda, apalagi jika menyantapnya bersama pasangan. Namun, memilih menu makan sehat di Hari Valentine jauh lebih baik. Selain mendapatkan nutrisi cukup, Anda juga bisa menjaga asupan kalori dengan makan makanan sehat.

Ingin tahu cara asyik dan sehat merayakan Hari Valentine bersama pasangan? Simak terus pemaparan berikut ini.

Mengganti kado

Anda bisa memberikan kado untuk pasangan berupa barang, ketimbang memberikan kado berupa cokelat atau makanan manis lainnya.

Namun, bagaimana bila mendapatkan hadiah cokelat dari pasangan di Hari Valentine? Meski hadiah cokelat tersebut tampak sangat nikmat dan menggugah selera, cobalah untuk memakannya secara perlahan dan jangan langsung dihabiskan.

Coba cicip sedikit dan langsung simpan di kulkas, atau bagi dengan teman Anda, yang mungkin sedang atau tidak merayakan valentine sama sekali. 

dr Nadia Octavia/Klik Dokter

 

1 dari 3 halaman

Romantis Bersama Pasangan di Hari Valentine

Memasak makanan di rumah

Makan malam dengan pasangan bisa menjadi salah satu aktivitas menyenangkan di Hari Kasih Sayang.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba memasak hidangan makan malam di rumah. Selain dapat menghemat biaya, Anda bisa membuat masakan yang lebih sehat.

Ubah urutan makan Anda

Pada umumnya, banyak orang memilih buah sebagai makanan penutup. Namun, sekarang, cobalah untuk mengubah urutan makan Anda.

Anda bisa mengawali ritual makan dengan mengonsumsi buah, kemudian menyantap menu makan utama.

Alhasil, Anda akan lebih sedikit menyantap menu utama, karena buah tinggi serat dan membuat Anda cepat kenyang.

Mengganti cokelat dengan buah

Cokelat memang identik dengan Hari Kasih Sayang. Tanpa cokelat, perayaan Hari Kasih Sayang seperti ada yang kurang. Tapi, sayang, cokelat merupakan salah satu kudapan tinggi gula.

Jika ingin tetap mengonsumsi makanan manis, Anda dapat memakan buah (seperti anggur, pisang, stroberi, dan lainnya) yang dicelupkan ke lelehan cokelat.

Dengan demikian, Anda tetap bisa mengonsumsi makanan sehat sambil mengontrol asupan cokelat.

 

2 dari 3 halaman

Tetap Sehat di Hari Valentine

Sepiring berdua

Hal ini mungkin terdengar aneh. Tapi, adakah yang lebih romantis dari makan sepiring berdua dengan pasangan? Saat makan malam di Hari Valentine, cobalah pesan menu utama untuk disantap berdua bersama pasangan. Dengan demikian, kalori yang masuk akan terbagi menjadi berdua.

Membatasi konsumsi alkohol

Anda mungkin berencana melengkapi makan malam bersama pasangan dengan sebotol wine. Penelitian memang mengungkapkan bahwa red wine mengandung resveratrol yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Namun, Anda tetap perlu membatasi konsumsinya hanya satu gelas.

Ganti menu makanan Anda

Saat memilih menu makanan, cobalah untuk menghindari hidangan berlemak (seperti gorengan atau makanan bersantan), makanan tinggi garam (sodium), dan makanan tinggi gula. Jadikan ini kebiasaan rutin, tak hanya di Hari Valentine.

Jalan kaki berdua pasangan

Setelah makan malam romantis, luangkan waktu untuk berjalan kaki di taman atau sekeliling kompleks perumahan. Selain dapat membakar kalori dari makan malam, jalan kaki berdua pasangan juga dapat mempererat hubungan dengan pasangan. Ini merupakan bonus yang menyenangkan.

Jadikan kencan di Hari Valentine tahun ini berbeda, dengan menyediakan menu makan sehat. Buatlah kiat-kiat di atas menjadi kebiasaan, agar Anda dan pasangan dapat merasakan manfaatnya di kemudian hari.

Artikel Selanjutnya
Sukses Kencan di Hari Valentine dengan Perhatikan Hal Berikut
Artikel Selanjutnya
Apa Itu Selingkuh Mikro dan Tanda Pasanganmu Selingkuh