Sukses

Jangan Buang Kulit Buah Naga, Bisa untuk Perawatan Wajah

Kulit buah naga yang bentuknya unik terkadang hanya dibuang. Namun, tahukah Anda bahwa kulit buah naga mengandung antioksidan yang berguna untuk perawatan wajah?

Liputan6.com, Jakarta Jangan buru-buru buang kulit buah naga yang daging buahnya sudah Anda makan. Kulit buah naga ternyata mengandung zat-zat yang bagus untuk perawatan wajah.

Konsultasn herbal, Dr Prapti Utami membenarkan hal itu ketika dihubungi oleh Health Liputan6.com.

"Melihat dari komposisinya sangat bisa. Karena warna merah itu kan menunjukkan bahwa, dia mengandung antioksidan," kata Prapti ketika dihubungi pada Selasa (13/2/2018). Kegunaan dari antioksidan sendiri mampu mengurangi radang.

"Mengurangi radang sama memberi nutrisi," kata Prapti. Menurutnya, kulit wajah berbeda dengan kulit bagian tubuh lain. Maka, perawatan wajah haruslah berbeda.

"Nutrisi yang terkandung di dalam kulit buah naga itu bisa menjadi pilihan untuk menjadi perawatan wajah," jelas konsultan dari sekar Utami Tanaman Obat Keluarga ini.

Adapun nutrisi yang terkandung dalam kulit buah naga sendiri antara lain: antioksidan, kalium, dan natrium serta vitamin C.

Secara pengolahan, Prapti mengakui bahwa dirinya belum pernah secara langsung mengolah kulit buah naga. Namun, menurutnya, cara pengolahannya bisa disamakan dengan cara mengolah buah-buah yang lain untuk perawatan wajah.

"Dicuci bersih, diblender, untuk masker. Yang paling gampang seperti itu," kata Prapti menjelaskan.

Yang penting adalah, bagaimana cara pengolahannya dan juga dari sisi higienitas kulit buah naga tersebut.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baik untuk pencernaan

Selain kulitnya, daging buah naga ternyata juga bisa menjadi buah yang dipakai untuk pengobatan.

"Itu bisa dipakai untuk pengobatan, tapi tidak bisa disebut itu obat," tambah Prapti.

"Tapi seperti yang Hipokrates bilang, obatilah penyakitmu dengan makanan dan pakailah makanan untuk mengobati," jelas Prapti.

Menurut Prapti, buah naga memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga vitamin C. Kandungan semacam ini juga baik untuk pencernaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.