Sukses

Latih Motorik dan Otot Anak dengan Bermain Sepatu Roda

Sepatu roda bagus untuk motorik dan otot anak, selain itu olahraga ini mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan teman-teman, melatih kemampuan fisik dan mental, serta menumbuhkan sportifitas.

Jember - Kalau Anda bertandang ke alun-alun Jember, Jawa Timur, maka akan terlihat pemandangan anak-anak yang asyik bermain sepatu roda. Setiap pagi dan sore, mereka bermain sepatu roda dengan penuh keceriaan. Di balik permainan tersebut, ternyata banyak manfaat sehat yang akan didapatkan, yaitu melatih motorik dan otot anak. 

Dokter spesialis anak, dr. M. Ali Shodikin, Sp.A mengatakan kegiatan sepatu roda itu melatih anak-anak untuk terbiasa dengan olahraga. Sebab, olahraga yang dilakukan tersebut dalam bentuk permainan. Ketika bermain mereka sudah sering bergerak.

Kecenderungan anak kecil senang dengan permainan yang melibatkan pergerakan organ tubuh. Sebut saja lompat-lompat, berjalan, maupun lari kejar-kejaran dengan anak lainnya. 

Begitu juga dengan permainan sepatu roda yang menjadi kesukaan anak kecil. Dalam permainan tersebut, manfaat yang didapatkan sangat beragam. Mulai dari meningkatkan otot anak, mengeluarkan energi, hingga menjaga keseimbangan. 

Selain itu, kata Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran Universitas Jember (Unej) tersebut, permainan itu mampu membuat anak seperti sedang rekreasi sekaligus merefresh otak mereka.

''Di sana, dia belajar bersosialisasi dengan teman-temannya, melatih kemampuan fisik dan mental, serta belajar bermain sportifitas," paparnya seperti dikutip dari JawaPos, Senin (12/2/2018). 

 

Simak juga video menarik berikut :

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan lupa, lengkapi alat-alat pelindungnya

Hanya saja, lanjut pria yang akrab disapa Ali tersebut, orang tua perlu memperhatikan keamanan anak saat bermain sepatu roda. '

'Selama ini, orangtua kurang peduli dan tidak memberikan perlindungan yang maksimal. Seperti memakai helm, pelindung siku dan lutut,'' imbuhnya. 

Tidak jarang, ada anak yang terjatuh ketika bermain sepatu roda. Dampaknya bisa cukup parah. Ada beberapa anak yang mengalami cedera berat, geger otak atau tulang retak karena terjatuh.

Untuk itu, meski menyehatkan, keamanan harus diperhatikan agar olahraga dalam bentuk permainan itu tidak memberikan dampak negatif. Saat anak sering olahraga, daya imun mereka bekerja dengan baik dan punya daya tahan yang lebih bagus.

Sebab, lanjut dia, anak-anak rentan terkena dengan penyakit infeksi saluran pernafasan dan infeksi pencernaan. Salah satu upaya untuk menghindari penyakit tersebut adalah dengan rutin olahraga. Sepatu roda bisa melatih keseimbangan, tutup Ali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.