Sukses

Depresi Usai Melahirkan Itu Nyata

Liputan6.com, Jakarta Pospartum depression atau depresi usai melahirkan itu nyata dan bisa dialami siapa saja. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, 11 dari 20 wanita yang baru melahirkan memiliki gejala depresi tersebut. Bahkan wanita yang telah melewati satu tahun masa melahirkan pun bisa mengalami depresi usai melahirkan.

Ketika seorang wanita mengalami depresi usai melahirkan, alih-alih merasa bahagia menerima kehadiran buah hati, dia malah merasa sedih, cemas, dan emosi negatif lainnya.

Terdengar aneh memang, tapi kondisi ini adalah hal yang nyata dan banyak dialami oleh para ibu muda.

Sebaiknya para suami memahami apa yang terjadi pada istri mereka usai melahirkan. Karena sangat berpengaruh pda produksi ASI dan perkembangan bayi.

Melansir Boldsky, Senin (11/2/2018) berikut adalah penyebab mengapa depresi pasca melahirkan dapat hinggap pada seorang ibu:

1. Tak merasa terhubung dengan bayi

Tampak membingungkan ketika seorang ibu merasa tak terkoneksi dengan anak yang dikandungnya selama 9 bulan. Tapi hal ini mungkin saja terjadi karena faktor emosi yang begitu kuat.

Biasanya terjadi ketika mereka tak mampu meredam tangisan atau bayinya tak mau menyusu. Alhasil mereka akan berpikir jika mereka bukanlah ibu yang baik sehingga depresi pun muncul. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

1 dari 5 halaman

2. Perasaan bersalah

Rasa bersalah seringkali terjadi pada kelahiran anak pertama. Dalam situasi ini, sang ibu merasa jika mereka bukanlah ibu yang terbaik untuk anaknya, terutama ketika ASI mereka tak keluar.

Pada gilirannya ini memicu pertanyaan apakah ia mengambil keputusan yang tepat untuk memiliki anak. Ini sangat fatal pada kejiwaan ibu hingga mendorongnya pada depresi.

2 dari 5 halaman

3. Banyak faktor

Selalu ada faktor pemicu seseorang mengalami depresi pasca melahirkan. Baik karena ia merasa kehilangan seseorang sebelum melahirkan atau keraguan dan kemampuan menjadi seorang ibu. Selain itu rasa lelah dan kondisi fisik yang berubah juga menjadi faktor lainnya.

3 dari 5 halaman

4. Keguguran

Wanita yang pernah mengalami keguguran, memiliki perasaan negatif akan ketakutan selama kehamilan hingga melahirkan. Sikap seperti ini cenderung membawa mereka pada depresi.

4 dari 5 halaman

5. Tak ada dukungan

Wanita yang baru melahirkan membutuhkan banyak dukungan. Mengurus anak sendirian tanpa bantuan suami atau orangtua akan membuat wanita lebih rentan depresi dan putus asa. Rasa lelah akan membuat mereka merasa tak mampu mengurus anak.

  • Depresi adalah kelainan suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat terus-menerus.
    Depresi
Artikel Selanjutnya
Apa yang Terjadi pada Vagina Bila Wanita Berhenti Bercinta?
Artikel Selanjutnya
Kisah Kelam Hidup Virginia Woolf, Sosok Google Doodle Hari Ini