Sukses

4 Mitos Kesehatan yang Justru Bikin Kamu Makin Sakit

Liputan6.com, Jakarta Ada mitos kesehatan yang bilang, bila kamu menderita pilek, maka harus memotong bawang bombay lalu meletakkannya di bawah kaus kaki. Cara ini ternyata tidak akan membuat pilek sembuh.

Kaki yang ditaruh bawang bombay akan sangat bau. Ada juga beberapa mitos kesehatan lain yang bisa sangat berbahaya dan menyakitkan.

Singkirkan ubur-ubur pakai air kencing

Sengatan ubur-ubur bisa sangat menyakitkan dan bikin nyeri. Sayangnya, hal ini cukup sering terjadi saat kamu berenang di laut.

Ada anggapan untuk menyingkirkan ubur-ubur dari tubuh dengan air kencing.

Air kencing memang agak asam, tapi itu tidak akan membantu menetralkan sengatan ubur-ubur. Air kencing, sebagaimana dilansir IFL Science, Senin (12/2/2018), justru akan memicu ubur-ubur menghasilkan lebih banyak racun.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Toxins, menjelaskan bahwa cuka, yang jauh lebih asam daripada air kencing akan membantu. Cuka akan menghentikan nematosis ubur-ubur untuk mengeluarkan racun.

Mitos soal pengobatan ubur-ubur ini perlu disingkirkan. Jika tersengat ubur-ubur, kamu harus segera menemui dokter.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

1 dari 4 halaman

Mengisap racun dengan mulut

Kamu mungkin suka melihat di film-film, saat terkena racun dari binatang apapun, cara menyelamatkannya dengan mengisap racun dengan mulut.

Cara ini justru menyebabkan rasa sakit pada korban. Denyut jantung korban akan mendadak naik, yang dapat meningkatkan penyerapan racun ke dalam aliran darah.

Tindakan mengisap racun dengan mulut kemungkinan akan merusak saraf dan pembuluh darah. Cara yang tepat, segera pergi ke rumah sakit. 

2 dari 4 halaman

Minum air kencing sendiri

Ini mungkin bukan mitos medis yang umum terdengar. Tapi istilah urophagia, yang sering disebut-sebut bentuk terapi obat yang aneh. Terapi itu meminum air kencing sendiri.

Faktanya, air kencing sebenarnya tidak steril. Kandungan campuran bakteri dan sodium sangat tinggi.

Jika kamu terdampar di suatu tempat, lalu minum air kencing, maka ini bisa menyebabkan dehidrasi meningkat, menurut Army Field Manual.

3 dari 4 halaman

Konsumsi suplemen diet

Adakalanya jika diet dengan mengatur makan dan olahraga gagal, suplemen diet jadi alternatif lain. Tapi suplemen diet dapat membahayakan kamu.

Suplemen diet tidak efektif dan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit tertentu, termasuk beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

Di Amerika Serikat, sekitar 23.000 ruang gawat darurat di rumah sakit per tahunnya menangani pasien yang kena efek samping dari suplemen diet.

Artikel Selanjutnya
Ibu Hamil Terlalu Percaya Mitos, Bisa-Bisa Kurang Gizi
Artikel Selanjutnya
Apa yang Terjadi pada Vagina Bila Wanita Berhenti Bercinta?