Sukses

4 Cara Alami Cegah Karies dan Gigi Berlubang

Kerusakan gigi, seperti karies dan gigi berlubang bisa dicegah dengan cara alami.

Liputan6.com, Jakarta Karies dan gigi berlubang termasuk kerusakan gigi yang sering terjadi. Terlebih lagi, karies gigi oada anak-anak.

Namun sebenarnya, tak hanya anak-anak. Orang dewasa hingga lanjut usia (lansia) juga rentan terkena kerusakan gigi. Jika tidak diobati, kerusakan gigi bisa menyebabkan rasa nyeri, infeksi, dan kehilangan gigi.

Ada beberapa cara alami mencegah karies dan gigi berlubang.

Hindari gula terlalu banyak

Gula adalah penyebab terburuk yang menyebabkan kerusakan gigi. Efek gula bisa sangat asam untuk gigi, dilansir New Delhi Times, Senin (12/2/2018).

Sebaiknya, Anda bisa menghindari soda dan permen. Selain itu, gunakan madu dan sirup maple atau dan minum jus secukupnya dengan gula. Terlalu banyak gula dapat menyebabkan gigi berlubang.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jauhi makanan yang mengandung asam fitat

Asam fitat dapat menyebabkan gangguan pencernaan, kurang nafsu makan, kekurangan nutrisi, dan kerusakan gigi. 

Asam fitat jauh lebih tinggi terkandung pada makanan yang ditanam menggunakan pupuk fosfat modern daripada yang ditanam di kompos alami.

Cobalah mengonsumsi makanan yang bersifat organik. Hindari makanan yang tinggi asam fitat, seperti biji-bijian dan kacang-kacangan. Asam fitat tidak hanya mencegah penyerapan mineral dalam makanan. Tapi juga membuang mineral dari tubuh, tulang, dan gigi.

3 dari 4 halaman

Konsumsi susu

Susu yang kaya vitamin dan mineral akan membuat cairan gigi menjadi sehat sekaligus menjaga gigi tetap kuat. Cara ini sangat bagus agar terbebas dari gigi berlubang.

Kandungannya kaya kalsium, vitamin K2, vitamin D3, magnesium, fosfor dan vitamin yang larut dalam lemak. Ada baiknya mengonsumsi produk susu setidaknya setiap minggu.

4 dari 4 halaman

Berkumur dengan minyak kelapa

Cukup berkumur satu sendok makan minyak kelapa di mulut selama 20 menit, diklaim mampu menyembuhkan banyak penyakit gigi, seperti radang gusi.

Jika Anda tidak bisa melakukan 20 menit, tiga sampai lima menit masih bagus dilakukan. Anda juga menggunakan minyak kelapa dan minyak esensial cengkeh atau teh.

Waktu terbaik berkumur, yakni di pagi hari, tepat setelah Anda bangun dari tempat tidur. Setelah berkumur dengan minyak kelapa, Anda baru bisa sikat gigi seperti biasanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.