Sukses

Biduran, Salah Satu Gejala Flu yang Sedang Mewabah di AS

Liputan6.com, Nebraska, Amerika Serikat Wabah flu sedang mengintai warga Amerika Serikat. Ruang gawat darurat pun penuh sesak. Bahkan beberapa sekolah di negara bagian Amerika Serikat diliburkan karena epidemi flu yang kian meluas. Gejala flu yang diperhatikan rupanya tidak hanya demam dan batuk.

Gatal karena biduran bisa menjadi pertanda gejala flu. Kondisi tersebut disampaikan Brodi Willard, perawat yang bertugas di Nebraska, Amerika Serikat.

Melalui unggahan foto di akun Facebook miliknya pada 26 Januari 2018, Willard memberikan peringatan kepada orangtua terkait biduran: Berhati-hatilah bila anak Anda gatal karena biduran.

Pada unggahan foto tersebut, Willard menceritakan, sepulang dari sekolah, anaknya didera gatal-gatal karena biduran. Setelah diperiksa dokter, anak Willard ternyata positif terkena influenza. Padahal, anaknya hanya biduran saja dan tidak memiliki gejala flu lainnya.

"Anak saya pulang dari sekolah dengan biduran di lengannya. Setiap kali gatal, dia menggaruk, biduran itu akan muncul lagi terus-menerus. Kami mencoba, mengganti pakaiannya dan memandikannya. Tapi itu semua tidak membantu menghilangkan bidurannya,: tulis Willard dalam unggahan fotonya, dikutip dari Simple Most, Minggu (11/2/2018).

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

1 dari 3 halaman

Terkena influenza B

Willard memutuskan untuk menghubungi dokter anak. Ketika menyampaikan kondisi anaknya yang biduran, William mendengar, dokter anak tersebut sedang menangani dua pasien anak lainnya, yang juga mengalami kondisi serupa dengan anak Willard.

"Anak-anak lain dinyatakan positif terkena influenza. Saya membawanya ke dokter pagi ini (26 Januari 2018) dan dia (anak Willard) dinyatakan positif terkena influenza B. Dia tidak memiliki gejala lain. Tidak demam, batuk, dan pilek. Dia hanya gatal-gatal.

Silakan perhatikan anak-anak Anda. Jika mereka terlihat biduran, tolong segera hubungi dokter anak Anda. Saya belum pernah mendengar gejala ini, tapi memang harus segera ditangani, lanjut Willard dalam unggahan foto di Facebooknya," tulis Willard lagi.

Unggahan foto Willard telah dibagikan lebih dari 250.000 kali dengan lebih dari 15.000 komentar.

2 dari 3 halaman

Benarkah biduran itu gejala flu?

Gatal-gatal bukan gejala umum atas reaksi tubuh terhadap virus. Ini hanya dikarenakan sistem kekebalan merasakan alergen di dalam tubuh dan melepaskan histamin (zat kimia yang diproduksi oleh sel-sel di dalam tubuh ketika mengalami alergi) ke dalam aliran darah untuk melawannya.

Biduran juga umumnya disebabkan hal lain, seperti hepatitis, herpes, dan flu. Children’s Health Dallas mengeluarkan pernyataan, gatal-gatal karena biduran perlu diperhatikan. Ini bisa saja terkait gejala flu lainnya yang lebih khas, selain demam, sakit tenggorokan, dan batuk.

Dalam kasus anak Willard, dokter memberikan tamiflu (obat antivirus influenza) kepada sang anak.

"Dia baik-baik saja. Dia masih bisa bermain ke sana-kemari," ujar Willard.

 

Artikel Selanjutnya
Kebakaran Hebat Melanda Rumah Sakit Korea Selatan, 31 Orang Tewas
Artikel Selanjutnya
Sebelah Kanan Usus Buntu, Sakit Perut Sebelah Kiri Awas Ginjal