Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

4 Perawatan Rumahan untuk Atasi Gatal pada Vagina

Liputan6.com, Jakarta Vagina merupakan salah satu organ utama yang dimiliki wanita. Oleh sebab itu, akan sangat mengganggu jika organ intim ini mengalami gatal. Banyak faktor yang menyebabkan gatal atau iritasi di sekitar vagina, yakni bakteri atau infeksi jamur, menopause, dan penyakit menular seksual.

Dilansir Step to Health, Sabtu (10/2/2018) ada perawatan vagina yang perlu dilakukan wanita. Hal ini untuk mencegah terjadinya iritasi yang ditandai dengan kemerahan, bengkak, dan bau tak sedap pada vagina. Seperti apa perawatannya? berikut ulasannya :

1. Perawatan Madu

Perlu Anda ketahui bahwa madu mengandung berbagai khasiat. Madu juga berguna untuk menghilangkan gejala gatal dan melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Apabila Anda merasa gatal dan merasa seperti terbakar, gunakan madu dengan mengoleskannya pada vagina, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, Anda dapat membersihkannya dengan air hangat. Perawatan ini dapat Anda lakukan minimal dua kali sehari.

2. Perawatan Asam Borat

Kandungan antiseptik dan antijamur pada asam borat dapat mengatasi rasa gatal, panas, dan masalah lainnya. Anda dapat mencampurkan tiga hingga empat sendok teh ke dalam setengah cangkir air.

Setelah itu, oleskan pada vagina dengan menggunakan bola kapas dan diamkan selama satu sampai dua menit. Agar vagina tetap terjaga dengan baik bebas gatal, lakukan perawatan ini minimal sekali sehari selama dua minggu.

 

Saksikan juga video berikut ini :

1 dari 2 halaman

Rasa gatal pada vagina diatasi dengan bahan antibakteri

3. Daun Rosemary

Daun ini ternyata dapat menghentikan pertumbuhan bakteri pada kulit. Anda dapat membuat larutan antibakteri untuk menghilangkan rasa gatal pada vagina.

Untuk menggunakannya, Anda dapat merebus daun rosemary. Setelah itu, cuci vagina dengan air tersebut, tentunya dilakukan setelah rebusan itu sedikit lebih dingin.

Lakukan proses ini selama dua kali sehari selama seminggu untuk mendapatkan vagina yang bebas gatal.

4. Bawang putih

Bawang putih memang terkenal dengan sifat antibakteri dan antibiotiknya. Kandungan Allicin pada salah satu bumbu dapur tersebut dapat membunuh ragi yang menyebabkan gatal.

Untuk menggunakannya, anda dapat membuat larutan bawang putih kupas dengan minyak zaitun. Setelah itu, oleskan larutan pada vagina selama 10 menit. Lalu, bersihkan dengan air hangat dan sabun, serta pastikan area tersebut benar-benar kering.

Anda dapat melakukannya dua kali sehari dalam seminggu.

Artikel Selanjutnya
Seberapa Penting Vitamin C bagi Kecantikan Kulit?
Artikel Selanjutnya
Nyeri Sendi, Obati dengan 6 Tips Berikut Ini