Sukses

Utang Mahar, Suami Curi dan Jual Ginjal Istri

Diam-diam seorang suami telah menjual ginjal milik sang artis demi mahar pernikahan yang nominalnya tidak sedikit.

Liputan6.com, Jakarta Kasus jual beli ginjal marak lagi di India. Kali ini yang jadi korban adalah seorang perempuan dengan pelaku suami sendiri.

Biswajit, nama pria itu. Dia diam-diam menjual ginjal istri sendiri demi melunasi dowry.

Dowry adalah mahar yang diberikan keluarga istri untuk memenuhi permintaan keluarga suami. Nominal dowry yang diajukan tidak sedikit. Kira-kira 200.000 rupee India atau setara Rp 42,3 juta.

Biswajit tidak sendiri dalam menjalankan tugas ini. Dia dibantu sang adik dan satu rumah sakit sebagai tempat "pengambilan ginjal".

Dikutip dari Hindustan Times pada Jumat, 9 Februari 2018, ginjal kepunyaan Rita Sarkar dijual Biswajit ke seorang pengusaha. Hasil penjualan organ itu dirasa cukup membayar "utang" mahar yang tertunggak lumayan lama.

Kisah pahit yang menimpa Rita ini terjadi pada 2016. Kala itu dia mengaku sedang sakit pada bagian perut. Setelah meminum minuman ringan pemberian sang adik ipar.

Rita kemudian dibawa ke rumah sakit di Kolkata dalam keadaan terkapar. Dokter yang memeriksa Rita menyebut dia terkena rada usus buntu.

"Suami meyakinkan bahwa saya akan baik-baik saja setelah menjalankan operasi pengangkatan usus buntu saya," kata Rita yang tak tahu kalau dokter itu bertugas mengambil ginjal dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Istri Tak Sadar Ginjal Dia Telah Dijual Suami Sendiri

Rita tak pernah sadar telah dicelakai suami sendiri. Rita sama sekali tak tahu sudah kehilangan satu ginjal. Sampai pada suatu hari dia merasakan sakit teramat perih.

"Saya meminta agar dibawa ke rumah sakit, tapi dia tidak menghiraukan," ujar Rita.

Rita mengeluh ke orangtua. Dia dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan. Rita sangat terkejut saat dokter mengatakan bahwa ginjal sebelah kanan tidak tampak.

Pemeriksaan pertama tanpa rontgen. Rita pulang setelah diberi obat. Namun satu hal aneh adalah dia tidak kunjung sehat.

Tahun 2017 Rita kembali ke rumah sakit. Keluhan yang dirasakan masih sama. Pun dengan ketidaktahuan bahwa ada satu ginjal yang telah dijual suami tersebut.

USG pun dilakukan di penghujung tahun 2017. Hasil yang diucapkan juga masih sama masih ginjal sebelah kanan tidak ada.

Nyaris tidak ada satu pun keluarga yang tahu bahwa Rita harus merelakan ginjal sendiri lenyap oleh tangan suami sendiri.

Sebab sedari awal Biswajit melarang Rita untuk cerita sama siapa pun soal pengambilan ginjal ini.

"Suami saya telah menjual ginjal karena keluarga saya tidak mampu membayar dowry," kata Rita.

 

3 dari 3 halaman

Kasus Jual Beli Ginjal

Rita sudah melapor perkara jual beli ginjal yang dilakukan suami sendiri ke pihak Kepolisian di Bengal Barat, India.

Pihak kepolisian langsung mencari pelaku. Menurut Inspektur Polisi Udayshankar Roy, Biswajit telah ditangkap bersama sang adik pada Senin, 5 Februari 2018.

Tim khusus pun telah dibentuk. Tidak hanya akan menjebloskan suami yang tertangkap menjual ginjal sang istri tapi juga pihak rumah sakit di Kolkata.

"Karena mereka-mereka itu membantu aksi penjualan ginjal itu," kata Roy menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.