Sukses

3 Penyakit Ini Langganan Saat Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta  

Hujan terus mengguyur dalam kurun waktu beberapa hari terakhir dan BMKG memperkirakan akan mencapai puncaknya pada Maret 2018. Bahkan tingginya curah hujan ini telah menyebabkan longsor pada area hulu Bogor dan menimbulkan sejumlah genangan pada beberapa titik di ibu kota.

Pada musim hujan bakteri mudah berkembang biak dan mempengaruhi kesehatan seseorang. Alhasil, setiap orang dengan daya tahan tubuh yang sedang menurun akan mudah terkena penyakit.

Dilansir Liputan6.com, Selasa (21/3/2017) berikut tiga penyakit yang umum terjadi saat musim hujan tiba.

Influenza

Penyakit ini sering dikenal dengan nama flu. Ya, mungkin Anda bakal melihat beberapa orang terdekat terjangkit penyakit satu ini. Umumnya, pemyakit ini bakal ditandai dengan pilek, batuk, radang tenggorokan, demam dan bersin. 

Memang banyak orang menganggap enteng penyakit tersebut, namun kalau jika terlalu lama mengidap flu, umumnya akan menganggu aktivitas sehari-hari.

Penyakit ini hadir lantaran cuaca tidak menentu dan cenderung menjadi lebih dingin akibat hujan deras. Penyakit yang disebabkan oleh virus RNA ini sangat menular dan jika sudah terlalu parah membutuhkan bantuan medis di rumah sakit.

Diare

Penyakit ini menyerang sistem pencernaan. Hal itu disebabkan bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui air minum atau melalui tangan yang kotor, Dari situ,  dengan gejala di antaranya diare, kram perut, mual, muntah, dan dehidrasi.

Sebenarnya untuk mencegah penyakit ini sangat mudah, Anda hanya diperlukan untuk rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air bersih sebelum dan sesudah makan. Atau selesai ke toilet dan sesudah pergi ke luar rumah.

Demam berdarah

Perlu diketahui, kasus demam berdarah selalu meningkat pada musim hujan. Musim hujan membuat banyak genangan air yang menjadi sarang berkembang biaknya jentik nyamuk Aedes aegypti. Kalau Jika tidak ditanggulangi dengan baik, demam berdarah bisa berujung pada kematian.

Untuk mencegahnya, Anda harus rajin membersihkan bak kamar mandi atau tempat penyimpanan air. Tutup rapat dan berikan obat nyamuk agar mereka tidak berkembang biak.

Pencegahan maksimal

Saat musim hujan memang diperlukan perlindungan lebih agar fisik kuat menghadapinya. Dan jika Anda sudah drop ataupun sakit, ingat, jangan menyepelekan penyakit Anda. Kembalikan kesehatan Anda dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Dan agar proses penyembuhan berjalan secara maksimal, konsumsi multivitamin, Theragran-M misalnya.

Theragran-M merupakan Multivitamin lengkap yang memiliki kandungan Vit A, Vit B, Vit C, Vit D, Vit E dan mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc), yang terbukti berperan dalam  meningkatkan, mengembalikan dan menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan.

Ingat, sakit kelamaan memang tidaklah enak, jika memang ada Theragran-M, yang dapat mempercepat masa penyembuhan Anda, kenapa masih harus mencoba produk lain?

 

 

(ADV)

Artikel Selanjutnya
BMKG: Jabodetabek Diguyur Hujan Mulai Siang hingga Malam
Artikel Selanjutnya
Anak yang Terkena Gizi Buruk dan Campak Rentan Meninggal