Sukses

Di Balik Lidah Pasien Demam yang Terasa Pahit

Lidah pahit memang kerap dikeluhkan oleh pasien demam, yang membuat napsu makan jadi menurun

Liputan6.com, Jakarta Lidah terasa pahit merupakan keluhan yang paling sering dirasakan pasien sakit demam. Rasa pahit di lidah ini mengakibatkan napsu makan pasien jadi menurun.

Ada pun zat sitokin jenis TNF alpha yang disinyalir jadi dalang rasa pahit di lidah saat demam melanda. Menurut dr Reza Fahlevi dari Klik Dokter, zat kimia ini 'sengaja' keluar dari tubuh pasien demam guna melawan penyakit ini.

Lebih lanjut, ada dua mekanisme yang menjelaskan hal ini, seperti dikutip dari situs Klik Dokter, Jumat (9/2/2018).

Pertama, sitokin TNP alpha menstimulasi sel-sel pada lidah untuk menghasilkan rasa pahit. Membuat rasa makanan yang sebenarnya pun agak samar.

Kemudian, zat ini turut memengaruhi sel otak dalam mengartikan makanan. Sehingga apa pun makanan yang masuk ke dalam mulut pasien demam tetap akan terasa pahit di lidah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lidah Pahit Ketika Demam Perlukah Khawatir?

Perlukah pasien demam khawatir akan masalah ini? Menurut Reza, tidak. Lantaran zat ini akan berkurang seiring dengan proses penyembuhan pasien demam itu sendiri.

"Sehingga rasa pahit di lidah (pasien demam) juga akan hilang," kata

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini