Sukses

Cobalah 6 Hal Ini Ketika Anda Merasa Marah

Merasa tidak bisa mengontrol rasa marah Anda, cobalah ikuti 6 hal ini.

Liputan6.com, Jakarta Apabila Anda merasa marah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menahan amarah tersebut. Dilansir dari Huffington Post, Rabu (7/2/2018), Rachel McDavid, LMFT, terapis perkawinan dan keluarga di New York, memberikan beberapa hal untuk mengatasi rasa marah agar tak mudah membuncah;

1. Rehat Sejenak

Apabila Anda tegang, cara yang tepat adalah meninggalkan lingkungan untuk sesaat. "Berjalan-jalanlah, pergi ke ruangan lain, atau lakukan sesuatu untuk membantu Anda kembali fokus dan tenang," kata McDAvid.

2. Bernapas

McDavid menyarankan untuk mencoba latihan agar mampu menenangkan diri. Caranya dengan menarik napas melalui hidung lima detik, lalu menghembuskannya perlahan selama delapan sampai sepuluh detik. Latihan ini dapat menenangkan sistem saraf Anda.

Dua cara ini dapat mengontrol emosi Anda agar tidak gampang marah.

Simak video menarik berikut ini;

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buat rencana untuk bicara

3. Melihat dari sudut pandang lain

Ketika sudah merasa lebih rileks, cobalah mulai memikirkan tentang konflik yang Anda hadapi. Berfokus pada kebutuhan tiap-tiap orang dan bukan bagaimana menyampaikannya dengan marah-marah, dapat menghilangkan emosi akibat situasi tersebut.

4. Membuat rencana untuk bicara atau tidak

"Kadang kita memberi tahu orang lain bagaimana orang lain untuk meredakan kesalahan kita bukan mengenai dampaknya pada mereka," kata McDavid. Anda harus memikirkan tentang hasil akhir dari pembicaraan Anda. "Pertimbangkan apakah mengatakan hal tersebut akan membuat Anda merasa lebih terhubung (dengan orang lain) atau membuat anda akan dijauhkan."

 

3 dari 3 halaman

Mengungkapkan perasaan Anda

5. Mencari waktu untuk mengungkapkannya

Mungkin akan lebih baik mengungkapkan apa yang membuat Anda kesal dalam pembicaraan satu sama lain. Atau, berikan mereka pesan untuk berbicara bersama dengan Anda

6. Mengungkapkan perasaan Anda

Anda harus siap untuk mengakui apa yang Anda anggap penting dan membuat Anda marah dan bersiap untuk bertanggung jawab atas apa yang Anda katakan. "Biarkan mereka tahu apa yang sedang terjadi pada Anda ketika marah dan jelaskan bagaimana Anda ingin memulai semuanya kembali," kata McDavid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini