Sukses

7 Jenis Meditasi Ini Punya Manfaat Berbeda untuk Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Salah satu penyebab orang stres dan gelisah adalah karena tidak bisanya orang dalam mengontrol emosi. Berlatih meditasi adalah salah satu cara beberapa orang untuk bisa lebih mengontrol emosi.

Ada beberapa jenis variasi meditasi yang bisa Anda coba yang memiliki manfaatnya masing-masing. Berikut tujuh jenis meditasi yang memiliki manfaatnya sendiri-sendiri dilansir dari Step to Health, Senin (2/5/2018)

1. Meditasi suara primordial

Meditasi ini didasarkan pada mantra. Yang dimaksud mantra adalah suara, kata, atau ungkapan yang membuat pikiran bergetar. Salah satu mantra yang terkenal adalah kata "ommm". Ini menyingkirkan pemikiran Anda keluar dari saat-saat sekarang.

Jika Anda berpikir bahwa mantra adalah suara yang diambil secara kebetulan, sesungguhnya suara-suara tersebut adalah suara yang suci. Mereka telah memiliki makna yang sudah ada sejak dulu.

Meditasi jenis ini membuat jarak antara Anda dan gangguan mental yang membuat Anda tidak tenang.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Meditasi Vipassana dan Zen

2. Meditasi Vipassana

Praktik ini berfokus pada pernafasan hidung dan membuat Anda mengenali pikiran dan emosi. Anda bisa melihat mereka tanpa membuat sebuah komentar apapun.

Meditasi ini membantu Anda untuk melihat sesuatu sebagaimana adanya tanpa menghakimi atau menilai mereka. Ini membuka mata Anda dan membuat Anda mamahami apa yang terjadi di sekitar Anda.

3. Meditasi Zazen

Disebut juga Zen, meditasi ini berfokus pada pernapasan. Namun, berbeda dengan Vipassana, Zen tidak berdasarkan pernapasan hidung tapi pergerakan perut.

Untuk meditasi ini, Anda harus duduk tegak dengan dagu mengarah ke bawah dan tangan diletakkan ke bawah perut. Meditasi ini mengajarkan Anda untuk melihat hal-hal yang melewati pikiran Anda untuk kemudian dilihat satu demi satu lalu membiarkannya bebas.

3 dari 4 halaman

Meditasi Jenis Metta dan Kundalini

4. Meditasi Metta

Meditasi ini didasarkan pada penganut Buddha di Tibet. Meditasi ini adalah meditasi yang penuh perhatian dan juga rasa cinta. Anda bisa belajar untuk berempati lebih banyak menghadapi kehidupan dengan peningkatan positif. Selain itu, Anda juga bisa belajar menerima diri Anda dan orang lain.

Orang dengan rasa rendah diri, perfeksionis, atau kritis dapat memperoleh manfaat dari meditasi jenis ini.

5. Meditasi Kundalini

Tujuan utama kundalini adalah membangunkan pikiran Anda. Anda bisa melakukan ini dengan mantra dan nyanyian yang bisa mengakses alam bawah sadar.

Meditasi ini memusatkan perhatian pada bagian tulang belakang Anda. Energi kundalini bisa ditemukan di punggung bagian bawah Anda.

Saat Anda mengucapkan mantra atau nyanyian, Anda membebaskan energi yang berasal dari tulang belakang Anda. Setelah terbangun, Anda akan mendapatkan sebuah pencerahan.

4 dari 4 halaman

Meditasi Chakra dan Tonglen

6. Meditasi Chakra

Menurut penganut Hindu, orang memiliki enam chakra. Mereka adalah pusat energi yang didistribusikan ke seluruh tubuh. Meditasi ini berfokus pada suara, posisi tangan, visualisasi, dan fokus pada setiap chakra yang akan menghubungkan Anda dengan tubuh fisik Anda.

7. Meditasi Tonglen

Meditasi ini membantu Anda terhubung dengan apa yang membuat Anda menderita, menerima rasa sakit, dan membebaskan Anda darinya.

Orang yang mencoba lari dari apapun yang mereka anggap negatif dan menyakiti mereka hanya akan membuat semua menjadi makin buruk. Oleh karena itu, meditasi ini memungkinkan Anda untuk melawan keadaan sulit dalam hidup Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.