Sukses

Dehidrasi Teratasi dengan Makan 7 Buah Ini

Kini, dehidrasi tidak hanya bisa diatasi dengan meminum air putih. Mengonsumsi beberapa jenis buah ini juga dapat membuat tubuh terhidrasi.

Liputan6.com, Jakarta Dehidrasi memang kerap menjadi masalah serius bagi tubuh. Ketika mengalami masalah kekurangan cairan ini, Anda akan menjadi lebih lemas dan tidak bergairah dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Ini jangan dibiarkan. Sebab, hal ini bisa memengaruhi kesehatan organ dalam tubuh, seperti ginjal, pencernaan, dan sebagainya.

Dehidrasi umumnya bisa dilakukan dengan mengonsumsi air mineral. Namun demikian, bagi para penggemar buah-buahan, cara ini bisa dilakukan untuk menghindarkan Anda dari dehidrasi. Dilansir step to health, Jumat (2/2/2018), buah-buahan ini dipercaya dapat mencegah Anda dari dehidrasi.

1. Nanas

Buah yang berkulit keras ini merupakan buah tropis yang populer karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan.

Nanas bersifat diuretik dan inflamasi. Buah berwarna kuning ini mengandung 95% air dan termasuk dalam makanan yang berkalori rendah. Hal itu dapat meningkatkan terjadinya hidrasi sel yang dapat mengoptimalkan proses oksigenasi, yang bisa mencegah kita dari dehidrasi.

Selain itu, nanas juga mengandung enzim bromelain yang sangat baik bagi pencernaan. Kandungan vitamin C, potasium dan magnesium yang terkandung pada buah nanas dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit dan infeksi.

Segera konsumsi buah nanas ketika Anda sudah mulai merasa kekuarangan cairan atau dehidrasi.

2. Prem

Buah ini mungkin terdengar asing di telinga Anda. Bentuk buah prem ini mirip dengan persik. Buah berukuran kecil ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan air sebesar 87 persen dan serat alami ini membuat buah prem sangat baik untuk meningkatkan kinerja organ pencernaan.

Selain itu, buah prem juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan kinerja jantung. Dengan menikmati buah ini, kadar kolesterol dalam tubuh dapat terkendali dan Anda bebas dari dehidrasi.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dehidrasi dapat diatasi dengan buah yang rendah kalori

3. Ceri

Buah cantik ini merupakan salah satu makanan rendah kalori, yakni hanya menghasilkan 63 kalori. Dalam 100 gram ceri, terdapat 85 persen air. Hal inilah yang dapat membebaskan tubuh Anda dari dehidrasi. Hal itu juga dibantu dengan kandungan beta-karoten dan vitamin E yang terkandung di dalam buah ceri.

Selain itu, buah yang memiliki sensasi rasa manis ini pun memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat ideal untuk meminimalkan gejala nyeri sendi.

4. Melon

Rasa manis memang membuat siapa saja pasti jatuh cinta pada buah ini. Musim panas memang menjadi saat yang tepat untuk menikmati buah melon. Pasalnya, kandungan air sebanyak 86 persen pada buah ini dapat memberikan serat bagi tubuh dan bersifat antioksidan yang dapat melindungi sel.

Melon juga dapat mengatur kadar elektrolit dalam tubuh. Hal ini dapat menjaga keseimbangan pada tubuh, terutama saat sedang berkeringat. buah ini juga dipercaya dapat menjaga kesehatan ginjal.

5. Semangka

Buah berukuran besar ini memang terkenal sebagai buah pelepas dahaga. Pasalnya, mayoritas isi dari semangka adalah air, yakni sebanyak 93%. Buah ini pun mengandung mineral esensial, kalium, magnesium, dan zat besi, yang dapat menjaga keseimbangan elektrolit pada tubuh.

Semangka juga mengandung vitamin A dan C yang dapat menjaga kesehatan kulit. Selain itu, buah ini juga dapat mengatur pH darah.

3 dari 3 halaman

Dehidrasi Juga Dapat Diatasi dengan Buah yang bersifat diuretik

6. Jeruk Bali

Jeruk berukuran raksasa ini merupakan buah yang dipercaya dapat menghidrasi tubuh dengan baik, yakni mengandung 85 persen air. Buah ini mengandung sumber vitamin dan mineral yang sangat penting bagi tubuh.

Jeruk Bali memiliki sifat diuretik dan anti-inflamasi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan otot dan sendi. Antioksidan pada buah ini pun dapat meningkatkan proses regenerasi sel kulit, sehingga dapat mencegah penuaan dini.

7. Persik

Tak hanya terkenal dengan rasanya yang lezat dan manis, buah persik mengandung 89 persen air, vitamin A dan B kompleks. Hal inilah yang dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

Kandungan karotenoid dan polifenol pada buah persik pun dapat membantu melindungi sel dari stres oksidatif. Selain itu, mengonsumsi buah ini pun dapat menjaga kesehatan pencernaan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dehidrasi merupakan kondisi jumlah cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak dari jumlah cairan yang masuk.

    Dehidrasi

  • buah