Sukses

Punya Kebiasaan Ini, Anda Pasti Orang Produktif

Cek apakah Anda termasuk orang yang produktif atau tidak.

Liputan6.com, Jakarta Daripada menghabiskan waktu untuk menunda-nunda pekerjaan, ada cara untuk menunjukkan sisi produktivitas dari beberapa kebiasaan yang Anda lakukan. Hal-hal kecil ini bisa membantu Anda menjadi lebih produktif.

Dilansir dari Reader Digest pada Jumat (2/2/2018), ini dia beberapa kebiasaan yang bisa menunjukkan bahwa Anda pasti orang yang produktif

1. Fokus Untuk Bahagia

Salah satu studi di University of Warwick, Inggris, menemukan orang yang lebih bahagia, 12% lebih produktif di lingkungan kerja daripada rekan mereka yang tidak bahagia.

"Ini masuk akal terutama mengingat gejala depresi yang umum adalah penurunan motivasi dan perhatian," kata Aparna Iyer MD, psikiater holistik dan asisten profesor di UT Southwestern Medical Center di Dallas, Texas.

Jika Anda melihat bahwa Anda sedang berjuang untuk mempertahankan pandangan positif, carilah saran untuk menjadi lebih positif. Selain itu, jangan ragu untuk mencari pertolongan.

"Perawatan untuk kesehatan mental dapat membantu Anda melihat sasaran dan mengelola permasalahan Anda secara efektif," kata Dr Iyer menambahkan.

2. Memprioritaskan Kebugaran

Berolahraga memperbaiki mood Anda dengan melepaskan endorpin rasa lebih baik yang memberikan pemulihan stres dan meningkatkan produktivitas otak Anda.

Dengan memberikan ledakan aktivitas hingga 30 menit tiga sampai empat kali sehari dapat membantu Anda mencapai tujuan pribadi dan profesional Anda.

"Manfaat olahraga psikologis ini dapat terjadi dengan cepat setelah memulai latihan dan penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik - bahkan dengan intensitas rendah - dapat efektif untuk Anda," kata Dr. Iyer.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beristirahat

3. Mengambil Istirahat

Memberikan istirahat sangat poenting. Studi menunjukkan bahwa tugas yang berkepanjangan dan memerlukan tingkat fokus, energi, dan perhatian yang tinggi dapat menyebabkan Anda menjadi kurang produktif dan fokus.

"Menyisihkan sedikit waktu di sana-sini untuk melepaskan fokus Anda, dapat secara signifikan membantu mempertahankannya untuk waktu yang lebih lama," kata Dr. Iyer.

Untuk merasa benar-benar bebas, keluarlah dari kursi Anda, berjalan-jalanlah di lingkungan, atau lebih baik lakukan yoga di sore hari.

4. Sebisa Mungkin Bekerja Dekat Jendela

Penelitian menunjukkan bahwa paparan sinar matahari meningkatkan kesejahteraan, kualitas tidur, dan tingkat aktivitas Anda.

Jika lingkungan kerja Anda membuat Anda tidak bisa duduk di samping jendela, Dr. Iyer menyarankan Anda agar meluangkan waktu di luar selama pagi hari, makan siang, atau setelah bekerja untuk meningkatkan paparan terhadap cahaya yang alami.

3 dari 4 halaman

Jauhkan Alat-Alat Elektronik

5. Putuskan Alat-Alat Elektronik

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi yang berlebihan, terutama yang berhubungan dengan komputer, tidak hanya membuat Anda kurang produktif sepanjang waktu, tetapi juga dapat menyebabkan Anda menjadi lebih stres dan lelah.

Risa Stein, PhD, profesor psikologi di Rockhurst University di Kansas Citu menyarankan, untuk menyisihkan beberapa menit untuk menggunakan aplikasi relaksasi atau memindahkan lokasi fisik. "Beritahu kontak Anda bahwa Anda hanya akan menanggapi e-mail antara jam-jam tertentu dalam sehari - dan tetap menggunakannya," tambahnya.

6. Tidak Melakukan Semuanya Sekaligus

Demi kepentingan yang lebih baik, tetaplah berpegang pada satu tugas. "Semakin kita multi-task, semakin sedikit efisien dan produktif kita untu mencapai apa yang kita inginkan," kata psikolog, Wyatt Fisher, PhD.

4 dari 4 halaman

Tidur Nyenyak

7. Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Penelitian telah menghubungkan kurang tidur dengan penurunan tingkat produktivitas, penurunan kinerja kerja, dan keselamatan yang buruk.

"Jika kekurangan, tentukan apakah pekerjaan Anda mampu membuat Anda tertidur. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu menerapkan relaksasi saat waktu tidur atau memperbaiki kebersihan saat tidur, atau tetap tidur. Anda mungkin perlu melihat beberapa perilaku seperti makan atau minum terlalu dekat dengan waktu tidur," kata Dr. Stein.

8. Merancang Tempat Kerja Agar Bebas Gangguan

Penelitian menunjukkan bahwa lingkungan kerja fisik Anda memainkan peran besar dalam menentukan tingkat produktivitas.

"Lingkungan fisik yang paling optimal untuk produktif adalah tempat individu memiliki ruang untuk bekerja sendiri yang bebas dari percakapan-percakapan mengganggu baik tepat di sebelah mereka atau di lorong," kata Dr. Stein

Menurut Dr. Stein, tempat yang baik untuk pertemuan adalah tempat yang terpisah dari area kerja individu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini