Sukses

Tumpukan Kotoran Telinga Bikin Pria Ini Budek Mendadak

Pasien yang tak disebutkan namanya ini mengeluhkan kondisi telinga yang dia alami. Yang membuat dia mendadak budek.

Liputan6.com, Jakarta Dokter ahli telinga berbasis di Inggris, Dr Neel Raithatha, bercerita soal kondisi salah seorang pasiennya yang mendadak budek (tuli).

Pasien yang datang ke klinik Neel di Oadby, Leicestershire, mengeluhkan sudah beberapa hari terakhir sulit sekali mendengar. Telinganya seperti tertutup sesuatu.

Pasien yang tidak disebutkan namanya itu juga mengeluhkan rasa sakit pada kedua telinga. Neel kemudian memeriksakan kondisi telinga pasien, dan menemukan kondisi yang tidak mengenakkan ini.

Neel mengatakan, terjadi penumpukan kotoran di telinga pasien. Kotoran di telinga itu kering. Pasien terkejut saat Neel mengatakan, kotoran sudah bercampur dengan rambut-rambut halus dan menempel ke dinding saluran telinga.

"Kondisi seperti ini mengharuskan saya menggunakan pengait untuk memisahkan kotoran di telinga orang tersebut dari dinding saluran telinga. Baru setelah itu, mengeluarkannya," kata Neel dikutip dari Daily Mail, Jumat (2/2/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersihkan Telinga Jangan Pakai Cotton Buds

Dari kejadian ini Neel mengingatkan, agar kita lebih sering mengecek kondisi telinga.

Jika kita sampai mengalami kehilangan pendengaran gara-gara kotoran telinga, bisa berbahaya. Terlebih buat kita yang lebih senang mengemudi kendaraan seorang diri.

Meski demikian, perlu hati-hati juga dalam membersihkan telinga. Ada baiknya meminta bantuan dokter atau tim profesional.

Jangan sekali-kali menggunakan cotton buds. Menurut Neel, kerja dari cotton buds justru mendorong kotoran masuk ke saluran telinga lebih dalam.

"Cotton buds juga dapat menggores dinding saluran telinga. Dampak buruknya, bisa-bisa melubangi gendang telinga," kata Neel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini