Sukses

Biasakan Membaca, Sebelum Pikun Menyergap!

Anda pasti sudah tahu, bahwa aktivitas membaca, menambah banyak pengetahuan. Tapi tahukah Anda, kegiatan membaca punya multiguna bagi kesehatan?

Liputan6.com, Jakarta: Anda pasti sudah tahu, bahwa aktivitas membaca, menambah pengetahuan. Tapi ternyata masih ada seabrek manfaat lainnya. Madicmagic mencatat, sedikitnya ada lima kegunaan bagi para pecinta aktivitas membaca bagi kesehatan kita.

1. Melatih otak
Satu keuntungan dari membaca buku adalah melatih otak dan pikiran. Membaca dapat membantu otak agar selalu melakukan fungsinya dengan sempurna. Saat membaca, otak diperlukan untuk berpikir lebih sehingga dapat membuat orang lebih cerdas. Tapi untuk latihan ini, membaca buku harus dilakukan secara rutin.

2. Menghilangkan stres
Stres berisiko menumbuhkan beberapa masalah berbahaya. Keindahan bahasa dalam tulisan memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stres, terutama membaca buku-buku fiksi sebelum tidur. Metode ini dianggap baik untuk mengatasi stres.

3. Menghindari risiko penyakit Alzheimer
Membaca buku benar-benar dapat meningkatkan kekuatan jaringan otak secara langsung. Ketika membaca, otak akan mengalami rangsangan secara teratur. Kondisi ini dapat mencegah gangguan otak termasuk penyakit Alzheimer.

Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain teka-teki silang, Sudoku, dll., dapat menunda atau mencegah kehilangan memori. Menurut hasil penelitian, kegiatan ini merangsang sel-sel otak hingga dapat terhubung dan tumbuh secara baik.

4. Mengembangkan pola tidur sehat
Jika Anda terbiasa untuk membaca buku sebelum tidur, maka hal itu berfungsi sebagai alarm untuk tubuh dan mengirimkan sinyal waktu tidur. Ini akan membantu Anda tidur nyenyak dan bangun segar di pagi hari.

5. Meningkatkan konsentrasi
Orang-orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih konsentrasi dan fokus. Akibatnya, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Hal ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan.

Jadi tunggu apalagi? Tumbuhkan kebiasaan membaca sekarang juga. (Vin)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.