Sukses

Kentut, Lebih Sering Cowok atau Cewek?

Berbicara soal frekuensi, katanya cowok lebih sering kentut dari cewek. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Kentut adalah hal alami yang terjadi setiap hari pada manusia. Berbicara soal frekuensi, katanya cowok lebih sering kentut dari cewek. Benarkah?

Memang banyak yang berpikir cowok lebih sering kentut dari cewek. Namun, dokter yang mendalami saluran cerna dari Massachusetts General Hospital, Amerika Serikat, Kyle Staller mengatakan itu mitos belaka.

"Belum ada penelitian yang menunjukkan banyak sedikitnya kentut berdasarkan gender," kata Staller mengutip Women's Health, Rabu (30/1/2018).

Staller juga menjelaskan rata-rata ada sekitar 0,5-1,5 liter gas di saluran pencernaan setiap hari. Namun, dari jumlah itu yang menjadi kentut bervariasi pada setiap orang.

Rata-rata cowok dan cewek kentut sekitar 20 kali per hari. "Itu adalah kisaran kentut yang umum bagi kita, tidak berlebihan," tekannya.

 

Saksikan juga video menarik ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kentut Saat Tidur Normal

Kentut tak hanya terjadi pada saat seseorang terbangun, juga kala tidur. Itu adalah hal nomral yang merupakan refleks tubuh untuk mengeluarkan gas.

Namun, seberapa banyak kentut saat tidur bervariasi pada setiap orang. Asalkan kentut tersebut tidak sampai menganggu pasangan bukanlah masalah seperti disampaikan Stellar.

Jika Anda merasa kentut Anda frekuensinya lebih banyak sampai-sampai memengaruhi kualitas hidup, segera ke dokter. "Bila kentut berlebihan di luar normal, amat mengganggu, dan tidak dapat dikendalikan, coba bicarakan dengan dokter," pesannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini